Akibat Pola Asuh Orang Tua Yang Terlalu Ketat

Mengasuh anak dengan aturan yang terlalu ketat bisa memberi dampak yang buru. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pola asuh orang tua yang terlalu ketat atau banyak aturan bisa membuat anak jadi gampang berbohong. Seperti yang dilansir oleh lifehack.org,pakar tumbuh kembang anak, Victoria Talwar menyebutkan pola asuh orang tua yang sangat ketat bisa memberi efek pada cara anak memberi respon dan cara mereka memanfaatkan orang lain, khususnya orang tuanya sendiri.

Pengujian dalam “Peeping Game”
Sebuah pengujian yang disebut “Peeping Game” dilakukan untuk menguji teori tersebut. Jadi di sebuah ruangan, ada sejumlah benda yang ditaruh di belakang anak. Benda-benda tersebut mengeluarkan suara dan benda terakhir mengeluarkan suara yang aneh dan sulit ditebak benda apa itu.

Para orang dewasa kemudian meninggalkan ruangan itu. Anak-anak berada di dalam ruangan dengan benda itu sendirian. Kemudian, anak ditanya soal benda tersebut dan ditanya apakah mereka mengintip atau tidak.

Berbohong Tak Selalu Didasari dengan Niat Buruk
Tak selamanya anak yang berbohong itu buruk. Bahkan, bisa jadi saat berbohong itu, anak-anak sedang mengembangkan kemampuan psikologisnya. Dalam kasus “peeping game” di atas, anak secara sadar melakukan kebohongan karena ada faktor luarnya. Jika anak bisa membedakan kebohongan dan kejujuran dengan benar, itu artinya mereka bisa membedakan antara fakta dan fiksi. Hanya saja jika “bakat” berbohong itu digunakan setiap saat maka hal ini bisa jadi cukup problematis.

Anak-Anak dan Kemampuan Kognitif
Kemampuan kognitif anak bisa diamati dari pengalaman ini. Kemampuan anak dalam melakukan sebuah kebohongan umumnya berkaitan dengan kemampuan pikirannya dan tingkat perkembangan kognitifnya. Anak-anak bisa memperlihatkan tanda berpikir “out of the box” karena kelihaian menipu yang kreatif dan bisa jadi tanda dirinya memiliki daya ingat yang sangat bagus.

 

Alternatif untuk mengatasi radang amandel adalah dengan menggunakan Lamandel. Lamandel terbuat dari alami untuk mengatasi radang amandel yang mengganggu.
Dapatkan info dan pemesanan Lamandel melalui SMS/Wahatsapp ke no. 082122253998 / 081908252178
http://herbabagoes.com/shop/page/3/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *