Anak susah duduk tenang di kelas?

 

Jika kamu punya anak laki-laki dan masih dalam masa pertumbuhan usia balita hingga masuk sekolah dasar, jangan melarangnya untuk duduk tenang. Sebaliknya, biarkan anak bermain dan lari-lari, karena ternyata hal ini punya efek positif lho untuk anak.

Anak laki-laki yang lebih aktif dan tak begitu suka duduk tenang ternyata lebih mudah diajari membaca lho. Sebuah penelitian terbaru dari Finlandia yang masuk dalam Journal of Medicine and Sport menemukan, lebih sering anak laki-laki usia masuk SD menghabiskan banyak waktunya untuk duduk ternyata memiliki kesulitan membaca hingga 2 tahun berikutnya.5-penyebab-kanker-otak-pada-anak

Anak SD kelas 1 yang tak suka berlari-lari dan memilih hanya duduk di kelas ternyata juga dilaporkan mengalami kesulitan mengerjakan matematika. Uniknya, hal ini tidak berlaku untuk anak-anak perempuan.

Para peneliti dari University of Eastern Finland menganalisis dan mengukur pengaruh aktivitas fisik dan waktu diam dari anak-anak usia 6-7 tahun. Mereka menemukan, semakin kecil aktivitas fisik yang dilakukan anak-anak, dan semakin tingginya waktu yang mereka lakukan dengan cara berdiam diri, semakin lemah kemampuan mereka dalam membaca dan berhitung.

Pada dasarnya, anak-anak memang suka bermain, ingin tahu banyak hal dan mengeksplorasi apa yang ada di sekitarnya. Hal ini bukan hanya baik untuk kesehatan tubuhnya, ternyata juga baik untuk kemampuan otaknya. Jadi, jangan asal melarang anak untuk terus duduk diam di kelas ya, karena sebenarnya apa yang kamu lakukan justru akan mempersulitnya belajar membaca dan menghitung lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *