Teknik Tepat Mengajarkan Anak Berpuasa

anak puasa 3

Kenapa Harus Belajar Puasa?

Pertanyaan ini pasti pernah terlintas di pikiran anak-anak. Nggak semua anak tahu dan paham tentang makna berpuasa di bulan ini. Kebanyakan yang mereka tahu hanya menahan lahar seharian. Wah, kalau yang mereka tahu hanya itu saja, bisa-bisa anak Anda makin takut dan menghindari puasa. Nah, saat inilah yang paling tepat untuk memberikan pemahaman yang baik tentang arti dan makna berpuasa di bulan Ramadhan. Jangan lupa beri tahu anak Anda selain menahan lapar, puasa juga mengajarkan melakukan kebaikan-kebaikan lainnya.

Berikan Contoh

Cara belajar anak-anak adalah dengan melihat dan mencontoh. Nah, disinilah tanggung jawab Anda sebagai orangtua harus dijalankan. Anakmu nggak akan jauh-jauh melihat orang lain, yang pertama mereka lihat dan tiru adalah orangtuanya.

Jangan Memaksa!

Untuk mengajari si kecil sesuatu jangan pernah paksa mereka! Prinsip ini berlaku juga untuk belajar puasa. Semakin Anda memaksa, si kecil juga makin terpaksa menjalaninya. Yang terpenting adalah mereka tahu dan paham di saat mereka dewasa nanti berpuasa akan menjadi kewajiban yang harus dijalani.

Hidangan Favorit

Menyediakan hidangan favorit si kecil sebagai menu berbuka puasa juga bisa menjadi trik untuk menarik perhatiannya. Cara seperti ini membantu banget buat buah hatimu agar semangat di saat sahur dan berbuka. Seperti menyediakan puding cokelat kesukaannya saat buka puasa.

Tetap Care

Saat si kecil sedang menjalani puasa, kamu harus tetap perhatian ya. Jangan sampai si kecil pucat pasi dan lemas karena menahan lapar. Ingat! Mereka sedang belajar, kamu harus care dengan kondisi kesehatan dan mental mereka.

Apresiasi Mereka

Jangan sampai anak-anak merasa sia-sia melakukan sesuatu karena akan menimbulkan efek mereka tidak akan mau melakukannya hal yang sama. Sama halnya dengan belajar berpuasa, biar mereka baru bisa setengah hari, hargai mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *