Alasan Buah Hati Susah Tidur

insomnia

Bagi setiap orang tua, melihat buah hati bisa tidur atau istirahat dengan nyaman dan tenang tentu merupakan moment yang begitu menyenangkan. Selain menyenangkan, moment ini juga membuat setiap orang tua merasa beruntung.

Namun sayang, dalam beberapa kasus menyebutkan bahwa beberapa anak tidak bisa tidur pulas dan berkualitas. Dikutip dari laman webmd.com, anak yang susah tidur disebabkan oleh beberapa hal. Hal tersebut antara lain adalah:

· Terlalu Lelah

Balita atau anak prasekolah umumnya membutuhkan waktu tidur selama 11 sampai 14 jam setiap harinya. Baik untuk tidur siang maupun tidur malam. Namun sayang, beberapa anak tidak bisa memiliki waktu tidur selama ini karena aktivitasnya yang terlalu padat. Aktivitas yang baik berupa sibuk bermain, belajar dengan orang tua atau ada acara tertentu tak hanya membuat anak kurang tidur. Lebih jauh, ini juga membuat mereka merasa kelelahan dan berisiko anak susah tidur.

· Khawatir dan Cemas

Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun akan susah tidur ketika perasaan mereka diselimuti kekhawatiran dan kecemasan. Selain menyebabkan susah tidur, perasaan yang sangat tidak nyaman ini juga menyebabkan risiko lain seperti nafsu makan menurun, rewel dan mudah terserang penyakit.

· Tidak Memiliki Waktu Tidur Rutin

Pastikan bahwa buah hati memiliki waktu tidur rutin. Tidak adanya waktu tidur rutin bisa membuat anak susah tidur. Buat aktivitas santai yang mendukung anak bisa tidur tepat waktu dan sesuai jadwal. Aktivitas tersebut bisa berupa membacakan dongeng atau cerita, menyanyikannya sebuah lagu, atau sekedar berada di sampingnya atau menemaninya untuk tidur.

· Adanya Peralatan Elektronik Menyala di Kamar

Telepon, TV, komputer, video game dan gadget sering kali menjadi alasan kenapa anak susah tidur. Ketika peralatan tersebut ada di kamar dan masih menyala, dipastikan ini akan membuat konsentrasi anak tertuju padanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *