Cara Mengajarkan Anak Agar Tidak Takut Gelap

Wajar sekali jika anak-anak takut dengan banyak hal, termasuk takut gelap. Semua hal di dunia ini baru baginya, dan ketika matanya tak bisa menangkap gambar apa-apa, mereka akan merasa tidak aman dan tidak nyaman.

Apalagi anak-anak sangat cerdas dalam berimajinasi, dan kegelapan adalah salah satu lahan imajinasi yang menakutkan. Lalu bagaimana caranya agar anak tidak takut gelap? Kamu bisa menerapkan trik berikut ini.

Kurangi pencahayaan secara bertahap
Anak-anak takut gelap karena tidak terbiasa dengan keadaan tanpa cahaya. Moms bisa membiasakan hal ini di rumah agar anak familiar dengan keadaan gelap atau kurang cahaya. Misalnya mematikan lampu ruangan yang tidak terpakai, mematikan lampu kamar namun tidak menutup pintu sepenuhnya sehingga masih ada cahaya dari luar yang masuk, dan lain sebagainya.

Berikan senter
Ketika anak masih takut dan mengatakan akan ada hantu dan lainnya, buat ia jadi pribadi yang berani dengan memberinya senter. Senter sama fungsinya dengan senjata, jadi ia tak perlu takut. Lakukan permainan seru menggunakan senter atau lilin di ruangan gelap seperti gerakan tangan dan lainnya. Ketika anak memiliki memori baik tentang kegelapan, ia tak akan terlalu takut lagi dengan kegelapan.

Temani tidur dalam kamar yang gelap
Untuk anak yang benar-benar paranoid, cara paling dasar membiasakannya adalah menemaninya tidur di kamar. Ia merasa aman dan nyaman ketika ibu ada bersamanya. Perlahan, menjauhlah. Misalnya menemani tidur hingga ia tidur, memberinya boneka untuk teman tidur dalam gelap dan lainnya. Oh iya, jangan membuat kamarnya gelap total, biarkan tetap ada cahaya masuk sehingga ia tidak takut.

Ceritakan hal menarik sebelum tidur
Moms bisa memberikan dongeng sebelum tidur yang menarik dan lucu saat gelap. Ibu juga bisa menjelaskan tentang bintang-bintang di langit atau yang lainnya. Membangun mood baik sebelum tidur sedikit banyak mampu membuat anak tenang dan lupa dengan suasana gelap.

 

Alternatif untuk mengatasi radang amandel adalah dengan menggunakan Lamandel. Lamandel terbuat dari alami untuk mengatasi radang amandel yang mengganggu.
Dapatkan info dan pemesanan Lamandel melalui SMS/Wahatsapp ke no. 082122253998 / 081908252178
http://herbabagoes.com/shop/page/3/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *