Categories: Blog

Flu singapore, atau dikenal juga dengan virus coxsackie adalah virus RNA yang dapat menyerang tangan, kaki , dan mulut (Hand Foot Mouth Disease). Flu singapura biasanya terjadi pada anak-anak namun dapat terjadi pada orang dewasa, sebagian besar infeksi bersifat terbatas sehingga tidak memerlukan perawatan secara khusus.

Flu singapore, yang disebabkan oleh Virus Coxsackie , biasanya menyebabkan demam, ruam, bintik, luka kecil, dan radang di sekitar mulut. Lokasi yang paling sering untuk terjadi luka berada di telapak tangan, telapak kaki, dan mulut. Flu singapore biasanya sembuh dalam waktu sekitar 5-10 hari. Meskipun tes laboratorium untuk virus Coxsackie dapat dilakukan, tetapi secara umum tidak perlu dilakukan. Tidak ada pengobatan atau vaksin untuk infeksi Virus Coxsackie atau flu singapura.

Pencegahan flu singapore memang cukup sulit, hindari kontak langsung dengan siapa pun yang sedang terserang flu singapura, termasuk dari tinja, air liur, dan cairan tubuh. Mencuci tangan dan menjaga kebersihan adalah metode terbaik untuk pencegahan virus coxsackie.

flu singapore Coxsackie virus

Ciri Ciri flu singapore

Gejala dari mula-mula demam tidak tinggi 2-3 hari, diikuti sakit leher. Seringkali tidak ada nafsu makan, pilek, ruam di bagian mulut, tangan dan kaki, dan mungkin di bagian popok. Muncul gejala seperti flu pada umumnya yang tak mematikan.

Perhatikan juga munculnya 3-10 ulcus di mulut seperti sariawan terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan. Timbul rash/ruam atau vesikel, bintik merah di telapak tangan dan kaki yang tidak gatal. Bila ada muntah, diare atau dehidrasi dan lemah atau komplikasi lain maka penderita tersebut harus dirawat.

Jenis virus coxsackie ( flu singapore ) tertentu gejalanya dapat lebih parah yaitu :
Demam tinggi lebih dari 38 C selama 2 hari.
Muncul sesak napas, kejang-kejang.

Jika muncul gejala seperti 2 hal diatas harap sesegera mungkin dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif.

Hindari flu singapore dengan selalu menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Konsumsi lamandel sehari sekali akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak ketika belajar di sekolah maupun beraktivitas bersama teman-teman.



style=”display:inline-block;width:468px;height:60px”
data-ad-client=”ca-pub-9660037943499432″
data-ad-slot=”3632136347″>

Posted on Oct 15, 2013

Menerima Pembayaran

metode pembayaran

Metode Pengiriman

metode pengiriman
COD



Top

Read more:
radang tenggorokan sebuah penyakit umum pada anak
Radang Tenggorokan – Sebuah Penyakit umum pada Anak

Radang tenggorokan biasanya lebih parah dari sakit tenggorokan. Ini adalah penyakit yang sangat umum, melanda...

Close