5 Resiko Paling Sering Terjadi Pasca Operasi Amandel

kapan-diperlukan-operasi-amandel-pada-anak-alodokter

Amandel adalah dua potongan jaringan yang terletak di kedua sisi bagian belakang mulut. Amandel sangat membantu pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus yang masuk melalui mulut. Pada anak di bawah umur 6 tahun, amandel berperan sangat vital dalam sistem pertahanan tubuh.

Amandel secara alami ada di dalam tubuh manusia. Lalu apa yang disebut dengan penyakit amandel? Nah, penyakit amandel adalah terjadinya peradangan pada amandel. Baik itu karena infeksi oleh bakteri, virus dan semacamnya. Amandel yang mengalami peradangan sangat mengganggu pada kelangsungan hidup manusia.

Agar Anda tidak merasa cemas dan takut, berikut ini adalah 5 resiko paling sering terjadi pasca operasi amandel. Setelah Anda mengetahui beberapa resiko ini diharapkan sudah mempersiapkan baik secara fisik maupun mental sebelum menjalani operasi amandel.

  1. Sakit di bagian tenggorokan

Setelah amandel diangkat, Anda akan mengalami rasa sakit, terutama di bagian belakang mulut atau tenggorokan. Ini mungkin tidak nyaman atau sulit bagi Anda untuk konsumsi makanan tertentu setelah operasi amandel. Untuk mengurangi rasa sakit yang Anda alami saat makan, sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan pedas, alkohol atau makanan panas, seperti sup dan makanan berkuah panas lainnya.

  1. Terjadi perdarahan

Perdarahan kecil setelah operasi amandel adalah normal dan dapat menyebabkan gejala tambahan, seperti mual sementara. Jika Anda mengalami perdarahan yang berlebihan atau mulai muntah darah setelah amandel Anda diangkat, cari perawatan medis darurat segera.

  1. Menimbulkan infeksi

Infeksi dapat berkembang di lokasi sayatan bedah Anda. Jika itu terjadi, Anda bisa mengalami demam, kelelahan, nyeri tubuh, atau sakit kepala. Infeksi juga dapat menyebabkan bau busuk. Jika Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi setelah operasi amandel, cari perawatan medis darurat.

  1. Rasa tidak nyaman di dalam mulut

Proses pengeringan luka membentuk pada sayatan bedah saat Anda mulai penyembuhan. Ini  dapat menyebabkan rasa tidak enak di mulut Anda. Gejala ini akan mereda setelah tubuh Anda sepenuhnya sembuh.

  1. Menimbulkan sakit telinga

Penghilangan amandel dapat menyebabkan Anda merasakan sakit telinga setelah operasi. Nyeri sakit telinga biasanya ringan atau sedang dan dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mendengar secara normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *