Perawatan Tradisional Untuk Amandel

manfaat-temulawak

Amandel memang paling sering kambuh pada anak-anak dan remaja. Infeksi bakteri dan virus dari lingkungan menjadi penyebab yang sangat umum. Untuk mengatasi hal ini maka perawatan dengan dokter dan perawatan rumahan bisa dilakukan. Meski amandel telah di sembuhkan dengan mengangkat gumpalan yang terdapat di bagian tenggorokan, namun perlu juga untuk tau bagaimana cara mencegah amandel kambuh, berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan perawatan di rumah.

1. Jeruk Lemon dan Madu

Jika anak-anak mengalami peradangan pada amandel maka Anda bisa mengurangi peradangan dengan memakai air perasan jeruk lemon dan madu. Ambil jeruk lemon berukuran sedang dan bersihkan untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel pada kulit jeruk. Peras jeruk nipis dan campur dengan madu. Gunakan air perasan jeruk lemon dan madu untuk berkumur. Kandungan antioksidan yang tinggi bisa menyembuhkan amandel karena infeksi bakteri dan virus.

2. Ramuan Susu dan Kunyit

Peradangan amandel pada tingkat yang lebih rendah juga bisa diobati dengan memakai susu hangat dan kunyit. Rebus susu segar hingga suhu tertentu kemudian campur dengan setengah sendok kunyit bubuk. Aduk lembut hingga susu dan bubuk kunyit bercampur kemudian minum saat masih hangat. Minum ramuan ini selama dua hari setiap malam dan secara efektif bisa menyembuhkan peradangan amandel.

3. Jus Wortel dan Mentimun

Wortel dan mentimun menjadi sumber yang sangat penting untuk mengatasi peradangan amandel. Wortel dan mentimun mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Anda bisa mencampur jus wortel dan mentimun serta tambahkan madu sesuai dengan selera. Konsumsi jus ini selama beberapa hari setelah tanda-tanda amandel kambuh muncul maka bisa mencegah peradangan yang lebih parah. Meminum jus ini juga dapat mencegah terjadinya benjolan di leher.

4. Teh Campuran Jeruk Lemon dan Madu

Pada jaman dahulu orang tua mengatasi amandel pada anak-anak dengan membuat minuman yang dicampur dengan teh merah atau teh hitam dengan jeruk lemon dan madu. Anda bisa menyeduh teh merah atau teh hitam kemudian masukkan irisan jeruk lemon dan madu. Jangan menambahkan gula untuk ramuan ini karena bisa merusak fungsinya. Campuran antara teh, lemon dan madu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah amandel menjadi lebih parah.

5. Kompres Es Batu

Remaja dan orang dewasa bisa mengatasi pembengkakan amandel dengan es batu. Pertama adalah ambil beberapa potong es batu dan bungkus dengan kain lembut yang tebal. Tempatkan bungkusan es batu pada bagian amandel atau di tenggorokan. Lakukan kompres selama 5 hingga 10 menit. Perawaan ini bisa dilakukan selama 4 hingga 5 kali dalam sehari. Tapi perawatan ini tidak disarankan untuk anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *