Tanda Anak Punya Gangguan Mata

Girl sitting in front of television

Gangguan mata bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, tapi anak-anak juga bisa mengalaminya, apalagi jika punya keturunan dari orangtua yang juga mengalami gangguan mata. Anak bisa mengalaminya saat menginjak usia sekolah.

Anak mungkin tak mengatakannya secara langsung jika ia mengalami hal-hal aneh dengan matanya, namun bisa melihatnya dari tanda-tanda keseharian yang diperlihatkan anak, dan mengetahui apakah anak butuh penanganan khusus dan butuh kacamata atau tidak.

Jika anak punya kebiasaan menyipitkan mata untuk melihat atau membaca sesuatu,  patut mewaspadainya. Anak melakukannya agak bisa melihat jelas. Ini tanda penglihatan yang buram.

Ajarkan anak untuk duduk jauh dari TV saat nonton TV. Tapi jika anak terus saja maju untuk melihat TV, kemungkinan ia punya kelemahan mata rabun jauh. Orang dengan rabun jauh hanya akan melihat benda dengan jelas dari jarak dekat.

Membaca keras terkadang bisa menunjukkan apakah anak punya kelemahan penglihatan. Jika ia bisa membaca lanjutan atau sambungan kalimat yang terpotong di ujung garis dan tepat membaca garis di bawahnya, ia tak mengalami masalah. Tapi jika anak sering salah baca garis berikutnya atau garis di bawahnya lagi, kemungkinan ada mata silindris atau masalah otot mata.

Anak yang terlalu sering mengucek mata bisa jadi mengalami masalah mata lelah dan bisa jadi masalah mata lainnya seperti konjungtivitis. Tanyakan apa masalahnya pada anak.

Jika anak suka melakukan ini, ada kemungkinan ia punya penglihatan yang buruk sehingga harus menutup satu matanya agar bisa melihat jelas, karena melihat dengan dua mata bisa jadi justru mengganggu untuknya.

Bicarakan dengan anak apa yang terjadi saat mereka melakukan hal itu dan segera periksakan ke dokter untuk mengetahui diagnosa lebih lanjut. Meski mungkin sepele, namun ini bisa menjadi indikasi mengetahui kesehatan mata anak dan apakah anak butuh kacamata atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *