Waktu yang tepat untuk olahraga

olahraga 3

Tubuh yang sehat bisa didapat dengan menjalankan pola hidup sehat, istirahat cukup dan olahraga cukup. Penting bagi setiap orang untuk melakukan olahraga. Sesibuk apapun pekerjaan dan aktivitasnya, wajib hukumnya untuk berolahraga. Kalau tidak bisa melakukannya setiap hari, boleh dua hari, tiga hari atau bahkan 1 minggu sekali. Lantas, kapan sebaiknya olahraga dilakukan?

Jadi begini, dikutip dari laman boldsky.com, olahraga baik dilakukan kapan saja. Bagi yang waktu siangnya sangat sibuk dan padat aktivitasnya, boleh berolahraga saat sore atau malam hari. Olahraga yang bisa dilakukan bisa berupa olahraga sederhana yakni plank, push up, sit up atau olahraga gym di pusat kebugaran. 

Para ahli mengungkapkan jika melakukan olahraga saat malam masih jauh lebih baik dibandingkan tidak melakukan olahraga sama sekali. Hanya saja, olahraga ini tidak boleh dilakukan terlalu larut malam. Melakukan olahraga terlalu malam bisa berpengaruh buruk buat jam biologis seseorang, mengganggu jam tidur hingga meningkatkan risiko jantung.

Meski olahraga boleh dilakukan sore dan malam hari, peneliti mengungkapkan jika waktu terbaik untuk melakukan olahraga adalah pagi hari. Antara jam 05.00 dan 08.00 pagi adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Di waktu ini, udara yang ada masih segar, sinar matahari pagi pun mengandung vitamin D yang sangat baik buat kesehatan. Selain itu, di waktu ini otot tubuh dan sistem peredaran darah mulai bekerja.

Di pagi hari, tubuh yang ada masih bugar dan segar. Otak juga masih fresh. Lara Carlson, Ph.D, seorang Profesor Ilmu Olahraga Terapan dari University of New England mengatakan, “Olahraga di pagi hari bisa merevitalisasi metabolisme tubuh sehingga kalori dalam tubuh akan terbakar lebih banyak. Tekanan darah pun bisa jauh lebih stabil dan jam tidur kita di malam hari bisa lebih berkualitas.” 

Jadi, kalau di waktu pagi hari kamu memiliki banyak waktu buat olahraga, pastikan untuk melakukan olahraga. Tak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti lari pagi selama 30 menit sudah cukup. Kalau memang kamu tak bisa bangun pagi dan berolahraga, kamu bisa kok olahraga di sore atau malam hari. Dengan catatan, olahraga tersebut tidak dilakukan terlalu larut malam.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *