Pekerjaan super sibuk mu adalah racun bagi tubuh mu

pekerjaan super sibuk

Punya pekerjaan tetap yang menjanjikan, punya posisi yang bagus dengan gaji besar? Kamu pasti punya jadwal kegiatan yang sibuk. Tidak ada yang salah dengan bekerja keras setiap hari, tapi ketahui batasnya.

Karena pekerjaan super sibukmu saat ini bisa jadi masalah besar untuk kesehatanmu nanti. Pekerjaan yang sangat sibuk hingga membuatmu berada di bawah tekanan dan membuatmu mudah stres berpengaruh negatif terhadap kesehatanmu. Bahkan kamu sudah bisa merasakannya dalam waktu singkat.

Pertama, kamu akan mengalami jam makan yang tak teratur sehingga bisa mempengaruhi produksi asam lambung, memicu penyakit maag. Kedua, tingkat stres tinggi akan membuatmu mudah mengalami masalah berat badan. Beberapa penelitian bahkan menghubungkan risiko tinggi depresi dan penyakit jantung karena pekerjaan yang stresful.

Bukan berarti kamu harus resign dari pekerjaanmu, karena di lain pihak, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personnel Psychology menemukan bahwa orang-orang yang punya pekerjaan dengan tingkat stres tinggi punya potensi 34% tidak mudah mati muda dibanding orang yang pekerjaannya tidak begitu menguras tenaga.

Tapi tentu saja dengan catatan, selama pekerja memiliki waktu cuti atau liburan di waktu-waktu tertentu sehingga bisa melepaskan stres selama bekerja. Bercanda selama waktu istirahat di kantor juga bisa jadi pelepasan stres sejenak, selama tidak membahas pekerjaan.

Jadi, jangan hidup hanya untuk bekerja keras setiap saat. Hidup memang butuh modal yang besar, tapi bukan berarti kamu mempertaruhkan kesehatanmu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *