Masa Pertumbuhan Anak

The dissatisfied boy reading the book

“Sebegitu sibukkah saya bekerja sehingga mengabaikan apa yang sebenarnya daibutuhkan oleh buah hati di saat masa pertumbuhannya?”

Pertanyaan seperti ini banyak sekali ditanyakan oleh para ibu – ibu yang juga bekerja demi mencukupi kebutuhan rumah tangga. Tidak jarang juga yang menitipkan buah hatinya di penitipan anak atau bahkan menggaji baby sitter untuk mejaga buah hati. Namun sebegitu padatkah jadwal Anda sehingga tidak bisa meluangkan waktu sama sekali untuk anak?

Menurut laman raisingsmallsouls.com memonitor perkembangan awal dari si buah hati sangatlah penting. Masa – masa penting si buah hati dimulai dari saat ia lahir, namun kita tidak dapat memastikan kapan masa – masa pertumbuhan itu akan berakhir, karena masa pertumbuhan tiap anak berbeda – beda baik itu secara emosional, mental dan secara fisikal. Maka dari itu, masa pertumbuhan anak sangatlah penting untuk diperhatikan sedini mungkin.

Anak – anak terkadang tidak dengan mudah menceritakan apa yang mereka alami dalam keseharian mereka. Meskipun ada beberapa anak yang sangat aktif dalam mengekspresikan apa yang ia rasakan dan ia alami, kebanyakan anak tidak akan mudah mengekspresikan keinginan dan pengalamannya.

Seperti yang telah dituliskan diatas bahwa ada juga beberapa anak yang dapat mengekspresikan keinginan serta pengalamannya kepada orang tuanya. Namun terkadang mereka melakukannya dengan cara yang tidak diinginkan.

Menurut laman situs www.cdc.gov beberapa langkah di bawah ini mungkin akan membantu Anda untuk memantau tumbuh kembang si buah hati. Pertama – tama yakni luangkan waktu Anda untuk makan pagi bersama buah hati. Dapat dengan cara berbagi sedikit cerita mengenai pengalman yang Anda lalui di tempat kerja yang agaknya menarik perhatian buah hati. Lantas ajak anak untuk menceritakan apa yang telah ia alami dan masalah yang sedang ia hadapi sekarang.

Lantas jika memang jadwal pekerjaan sangat padat sehingga membuat Anda tidak dapat menjemput atau mengantarnya ke sekolah atau ke tempat kursusnya, maka luangkan waktu di malam hari untuk sekedar menanyakan tentang pekerjaan rumahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *