Anak Hobi Menyobek Kertas

The dissatisfied boy reading the book

Yang memiliki balita tentu mengetahui kebiasaan menyobek kertas. Jika selama ini sering dibuat kesal karenanya, sebaiknya mulai sekarang tidak perlu kesal. Temani kebiasaan dan hobi si kecil ini. Menurut penelitian, kebiasaan ini ternyata memiliki manfaat positif bagi si kecil.

Berikut ini adalah manfaat menyobek kertas yang biasa dilakukan balita. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

· Melatih Konsentrasi Anak

Bagi anak, menyobek kertas dapat membantunya untuk meningkatkan konsentrasinya. Anda dapat membantunya dengan meminta si kecil menyobek lagi kertas yang sudah dipotong. Ulangi hingga kertas benar-benar disobek hingga ukuran kecil, hitung waktu yang ia butuhkan. Semakin banyak kertas yang berhasil ia sobek maka daya konsentrasinya akan meningkat.

· Dapat Membantunya Mengenal Warna

Sediakan kertas dengan berbagai warna. Minta si kecil untuk menyobeknya. Sediakan kertas polos berwarna putih. Minta ia untuk mengelompokkan kertas berdasarkan warna. Minta ia untuk menempelkan kertas tersebut.

· Mengenal Tekstur Kertas

Setiap kertas memiliki tekstur yang berbeda. Bentuk kertas yang berbeda akan membantunya mengenal berbagai tekstur kertas. Dari yang sulit disobek hingga yang mudah. Hal ini juga dapat membantu otot sensoriknya.

· Mengenal Ukuran

Saat menyobek, mungkin si kecil tidak menyadari bentuk dan ukuran kertas. Maka setelah ia selesai dengan keasikannya untuk menyobek kertas, tidak ada salahnya jika mengajak si kecil untuk memisahkan kertas berdasar ukurannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *