Perut Kembung Pada Bayi

bayi 5

Perut kembung pada bayi umumnya akan membuatnya tidak nyaman, mudah rewel dan sering menangis. Sebenarnya, perut kembung pada bayi yang berusia 3 hingga 6 bulan adalah hal yang wajar. Ini terjadi karena sistem pencernaan pada bayi memang belum terbentuk dan bekerja secara sempurna.

Untuk masalah perut kembung pada bayi, dikutip dari laman parents.com, ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Adapun penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Makanan yang Dikonsumsi Ibu
Apa yang Ibu konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan buah hati. Apalagi, jika makanan utama buah hati adalah ASI eksklusif. Untuk mencegah risiko buah hati mengalami kembung, penting agar selalu memperhatikan makanan yang hendak dikonsumsi. Disarankan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gas seperti kubis, brokoli, bawang, kacang dan kembang kol.

Pengaruh Susu Formula
Sebelum memberikan susu formula buat buah hati, usahakan agar mengonsultasikan hal ini ke bidan atau dokter anak. Tidak semua susu formula cocok dikonsumsi buah hati. Ada beberapa susu formula tertentu yang mendorong risiko perut kembung.

Penggunaan Kipas Angin atau Pendingin Ruangan yang Kurang Bijak
Sepanas apapun udara yang ada, pastikan agar menggunakan kipas angin atau mesin pendingin ruangan dengan bijak. Penggunaan kipas angin dan pendingin ruangan yang kurang bijak bisa mendorong terjadinya masalah perut kembung pada bayi.

Teknik Menyusui yang Kurang Tepat
Menyusui adalah aktivitas yang sering dilakukan antara ibu dan bayinya. Apalagi, jika bayinya masih sangat muda dan hanya makan serta minum dari ASI eksklusif. Sayang, aktivitas menyusui ini tidak jarang dilakukan dengan cara yang kurang tepat sehingga meningkatkan risiko bayi mengalami perut kembung. Kesalahan yang sering dilakukan saat menyusui antara lain adalah posisi menyusui yang kurang tepat, kepala bayi terlalu rendah saat menyusu dan sebagainya.

Penggunaan Popok Terlalu Lama
Jika buah hati Mom selalu menggunakan popok, usahakan agar sering-sering mengganti popok bayi. Jangan sampai, memakaikan popok terlalu lama dan air kencing yang ada terlalu penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *