2 Hal Paling Berpotensi Menjadi Penyebab Radang Amandel

Banyak anggapan salah yang beredar di masyarakat tentang amandel. Kebanyakan orang mengartikan bahwa amandel adalah sebuah penyakit. Menurut mereka, amandel adalah sesuatu hal yang tidak diperlukan oleh tubuh manusia. Sehingga mereka menyebut tonjolan diantara rongga mulut dan kerongkongan itu sebagai penyakit.

Namun fakta ilmiah mengatakan beda. Amandel sangat penting perannya dalam tubuh manusia, apalagi pada anak di bawah usia 6 tahun. Amandel berperan sebagai sistem pertahanan tubuh pertama yang harus dilalui bakteri maupun virus jika mereka masuk ke dalam tubuh melewati mulut.

Secara fisik, amandel adalah dua potongan jaringan yang terletak di kedua sisi bagian belakang mulut. ada sepasang amandel di belakang rongga mulut, kiri dan kanan. Dalam keadaan normal, amandel tidak akan mengalami peradangan dan tidak akan mengganggu pernafasan maupun proses menelan makanan. Namun, jika terjadi peradangan pada amandel, sistem pernafasan dan proses menelan makanan akan sangat terganggu karena sebagian jalannya akan tertutup oleh peradangan pada amandel.

Peradangan pada amandel bisa dipicu oleh beberapa sebab. Namun, yang paling utama adalah karena pola makan dan pola hidup manusia yang salah. Pola makan dan pola yang hidup menjadi 2 hal paling berpotensi menjadi pemicu terjadinya radang amandel. Lho, kok bisa. Berikut ini adalah ulasan Singkatnya:

Kita langsung bisa kaitkan dengan proses peradangan pada amandel. Peradangan pada amandel terjadi setelah ada gangguan pada amandel. Gangguan itu bisa berasal dari bakteri, virus, maupun goresan dari benda-benda asing pada amandel. Benda-benda asing itu bisa berupa makanan, garpu, sikat gigi dan lain sebagainya yang masuk ke dalam mulut dan melukai amandel.

Jika Anda makan makanan yang tidak bersih atau makan makanan yang terlalu keras dan kasar, bisa jadi, makanan itulah yang menjadi penyebab utama terjadinya amandel. Kita ketahui bersama, radang amandel disebabkan oleh bakteri, virus dan pengaruh benda dari luar. Mulai dari sekarang, cobalah lebih berhati-hati dalam memasukkan sesuai ke dalam mulut. Lihatlah kebersihan dan teksturnya. Anda bisa pertimbangkan secara matang sebelum benar-benar masuk ke dalam mulut.

Bagaimana gaya hidup Anda sangat menentukan keadaan jiwa, kepribadian dan fisik. Anda bisa lihat di daerah pemukiman kumuh. Mereka sering menderita penyakit kulit, lambung dan pernafasan. Hal tersebut disebabkan oleh gaya hidup dan lingkungan mereka yang tidak bersih. Mereka sudah terjebak dengan keadaan itu. Kasihan.

Nah, sebenarnya, peradangan amandel bisa kita cegah dengan membiasakan hidup bersih dan seimbang. Jika peradangan amandel disebabkan oleh bakteri dan virus, maka kita harus mencegah atau menghalau bakteri dan virus itu sebelum masuk ke dalam tubuh kita. Nah, salah satu cara yang efektif yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *