Tips selamatkan anak dari godaan jajanan tak higienis

berbagi

Tak mudah memang untuk menahan anak dari godaan jajanan yang dijual di mana-mana. Sudah susah payah memberikan makanan dan snack sehat bergizi untuk anak di rumah, tapi begitu di luar anak-anak tergoda untuk makan jajanan yang tak higienis. Belum lagi dengan ancaman bahaya pewarna dan pengawet yang tak aman untuk makanan.

Sebagai orang tua, ada rasa was-was sendiri saat anak jajan di luar. Misalnya, saat di sekolah, saat melihat teman-temannya jajan, anak pasti akan ikut-ikutan jajan tak peduli sebelumnya ia sudah diwanti-wanti orang tua untuk tak jajan sembarangan. Jajanan yang dibuat dengan aneka warna dan bentuk menarik jelas sangat menarik perhatian anak.

Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan si kecil dari godaan jajanan tak higienis?

Punya kebiasaan membacakan cerita pada anak sebelum tidur? Coba sisipkan pesan-pesan yang edukatif terkait makanan atau jajanan yang kita konsumsi sehari-hari. Soal manfaat dan kandungannya. Juga tentang makanan apa saja yang menyehatkan dan baik dikonsumsi. Bisa dengan sambil mengadaptasi kisah atau dongeng yang sudah ada juga.

Semakin dilarang, anak bisa semakin bandel dan makin kuat keinginannya untuk melanggar larangan itu. Alih-alih melarang, langsung saja beri contoh. Misalnya, selama di rumah selalu sediakan camilan atau jajanan yang sehat dan lezat. Tunjukkan bahwa dengan makan makanan yang sehat, tubuh jadi terasa lebih kuat dan perasaan lebih bahagia.

Latih anak untuk bisa rutin olahraga dan selalu mencuci tangan hingga bersih sebelum makan. Kebiasaan ini mungkin sederhana tapi dampaknya sangatlah positif. Bantu juga untuk memenuhi asupan gizi dan vitamin anak sejak di rumah. Ada banyak makanan tak sehat dan tak higienis yang bisa membuat anak sakit di luar sana. So, penting kita sebagai orang tua untuk berperan langsung membantunya menjaga kesehatan.

Mengekang anak secara berlebihan bisa berdampak buruk. Coba izinkan untuk mau terbuka dan jujur, termasuk soal jajanan atau makanan apa yang ia inginkan. Kalau kita bisa membuatnya sendiri di rumah, ajak anak untuk terlibat dalam pembuatannya. Anak-anak biasanya akan lebih bersemangat saat diajak untuk membuat sendiri makanan mereka.

Kegiatan memasak bisa jadi ajang untuk menambah kedekatan. Selain itu bisa jadi ajang untuk mengedukasi anak soal kandungan gizi atau vitamin makanan tertentu. Bikin sendiri jajanan favorit anak di rumah. Buat yang lebih lezat biar anak nggak tergoda untuk membeli jajanan di luar yang rasanya biasa-biasa saja.

Memang banyak tantangannya untuk menyelamatkan anak dari godaan jajanan yang tak higienis dan tak bergizi yang banyak dijual di luar sana. Tapi kita bisa memulainya dengan tips-tips dan langkah sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *