Mencegah Penyebab Terserangnya Radang Amandel

headerlamandel 3

  1. Selalu Menjaga Kebersihkan Mulut

Menjaga kebersihkan daerah mulut secara teratur adalah upaya yang sangat baik untuk mencegah peradangan amandel. Anda bisa menggosok gigi setelah makan untuk menghilangkan semua sisa makanan yang tertinggal dalam celah gigi dan gusi. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan lidah terutama yang berdekatan dengan gigi, rahang dan tenggorokan. Langkah ini penting untuk mencegah penyebaran dan pengembangan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi amandel.

  1. Minum Air Secara Teratur

Air minum yang melewati tenggorokan dan mulut akan mencegah infeksi amandel. Air akan menjaga daerah mulut agar tidak terlalu kering. Akibat kurang minum dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan terlalu kering, maka bisa menyebabkan infeksi pada amandel. Selain itu, air juga akan membantu amandel dalam menjalankan fungsinya untuk menghalau semua kuman dan bakteri.

  1. Kumur dengan Air Garam

Air garam adalah salah satu cara mengobati amandel tradisional. Garam sangat baik untuk mencegah infeksi amandel. Dalam beberapa kasus amandel juga bisa mengecil karena semua bakteri yang menyebabkan peradangan akan mati. Langkah ini bisa dilakukan oleh anak-anak maupun remaja. Air garam sangat aman dan tidak akan memberikan efek samping.

  1. Jaga Pola Makan

Amandel terletak di bagian belakang tenggorokan. Dengan posisi seperti ini maka bisa menyebabkan amandel menjadi sangat sensitif untuk semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang sangat dilarang untuk penderita radang amandel adalah seperti:

  1. Hindari Rokok

Cara mencegah amandel kambuh lagi pada orang dewasa yang pernah mengalaminya, sebaiknya juga menghindari rokok.  Bahaya merokok ini karena mengandung nikotin yang akan masuk ke saluran pernafasan dan tenggorokan. Nikotin akan membuat amandel bekerja sangat keras sehingga sering menyebabkan peradangan parah.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *