Kandungan Sayur Kubis

 

Petani mengumpulkan sayur kol hasil panen di lahan pertanian Koto Panjang, Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Sabtu (16/5).

Salah satu penyakit mematikan yang berbahaya dan ditakuti semua wanita adalah kanker payudara. Kanker ini akan menggerogoti tubuh dan bahkan bisa membuat penderita meninggal dunia. Untuk mengobati kanker ini memang diperlukan treatment yang sangat tepat waktu. Selain itu biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

Karenanya alangkah baiknya untuk mencegah daripada mengobati penyakit ini. Salah satu makanan yang ternyata mampu mencegah terjadinya kanker payudara adalah kubis. Lalu, kandungan apa saja sih yang bermanfaat mencegah tumbuhnya sel kanker payudara dalam tubuh wanita?

Kubis mengurangi estrogen metabolit 16alpha-hydroxyestrone yang membantu dalam menekan pertumbuhan sel kanker payudara.
Selain itu sayuran sehat ini kaya akan antioksidan terkenal seperti vitamin A dan C.
Kandungan fitonutrien yang ada di dalamnya juga membantu dalam mencegah pembentukan sel kanker pada payudara.
Sayuran ini juga mengandung banyak nutrisi anti-inflamasi yang membantu dalam mengurangi tingkat peradangan.

Selain vitamin A dan C, kubis kaya akan vitamin vitamin K dan B, khususnya folat yang adalah vitamin larut air. Kedua jenis vitamin diketahui membantu mengurangi risiko kanker payudara.
Kubis juga mengandung banyak glucosinolates yang akan terurai menjadi senyawa organik dan bermanfaat membantu mencegah terjadinya kanker payudara.

Cara terbaik untuk mengonsumsi kubis ini adalah dengan memakannya dalam keadaan mentah. Jika kamu tipikal orang yang tak bisa makan sayuran mentah maka kubis tak akan hilang nutrisinya jika dijadikan jus sayuran atau dikukus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *