Ciptakan Gaya Hidup Sehat Sekeluarga

keluarga 5

Gaya hidup yang sehat memang dapat ditularkan pada anak melalui kebiasaan yang diciptakan di dalam rumah. Untuk itu, peran orang tua memang sangat penting dalam membangun gaya hidup sehat. Seperti yang dijelaskan oleh ahli gizi juga dosen di Jurusan Gizi, Dr. Marudut, MPS, gaya hidup sehat merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia.
Berbagai masalah kesehatan dapat terjadi bila manusia tidak mengikuti gaya hidup sehat. Oleh karena itu, pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang sebagai acuan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mencapai hidup sehat. Berdasarkan peraturan tersebut, untuk mencapai hidup sehat perlu adanya pemenuhan gizi seimbang, yakni zat gizi yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. “Demikian juga pada masa kini, penentuan mutu protein sesuai anjuran WHO adalah dengan menggunakan DIAAS (Digestible Indispensable Amino Acid Score) yakni skor pencernaan protein di usus halus (ileum). Dalam hal ini, protein susu maupun telur ditetapkan sebagai protein terbaik di antara pangan sumber protein lainnya. Oleh karena itu, protein susu sering digunakan sebagai protein referensi untuk menilai mutu protein pangan lainnya yang diperdagangkan baik nasional maupun internasional.

Hanya protein dengan kualitas terbaiklah yang dapat menjamin pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia pertumbuhan serta membentuk atau mengganti jaringan yang rusak di dalam tubuh,” jelas Dr. Marudut saat ditemui di Jakarta. Dr. Marudut melanjutkan bahwa berdasarkan Riskesdas 2013, stunting pada balita dan prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) di Indonesia cenderung meningkat. Konsumsi pangan sumber protein dengan kualitas terbaik dan sumber kalsium yang relatif tinggi dapat melengkapi kekurangan zat gizi dari asupan makanan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi. Konsekuensinya, pertumbuhan normal dan hidup sehat akan tercapai bila disertai dengan aktivitas fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *