AMANDEL

deteksi lebih dini penyebab amandel

Amandel adalah peradangan pada tonsil atau juga yang sering di sebut dengan tonsillitis. Tonsil memiliki bentuk oval, tonsil ini terletak di bagian belakang tenggorokan pada masing – masing sisi tenggorokan. Tonsil ini mempunyai fungsi yang sangat bermanfaat, yaitu sebagai pusat pertahan tubuh, tonsil juga sering kali terjadi peraadangan dan juga terjadi pembengkakan yang di sebut dengan amandel.

Tonsil adalah yang di anggap sebagai barisan pertahan tubuh anda terhadap bakteri, virus, dan juga kuman yang masuk ke dalam tubuh anda melalui mulut. Fungsi tonsil ini lah yang membuat tonsil sangat rentan terhadap infeksi dan peradangan.

Peradangan pada amandel dan juga pada tenggorokan ini biasanya paling sering di sebabkan oleh virus pilek, tapi ada juga virus dan bakteri lain yang menjadi penyabab dari peradangan pada amandel dan tenggorokan. Sedangkan bakteri yang paling umum yang menyebabkan peradangan pada amandel dan juga pada tenggorokan yaitu Streptococcus pyogenes atau juga kelompok streptokokus A, bakteri yang sebagian besar adalah penyebab terjadinya peradangan pada amandel dan juga pada tenggorokan anda.

Di bawah ini adalah faktor resiko untuk radang amandel yang meliputi :

Anak – anak, mulai dari usia 3 tahun. Peradngan pada amandel dan juga pada tenggorokan sering terjadi pada usia prasekolah hingga remaja.

Seperti seringnya terkena kuman, anak andayang masih dalam masa sekolah berada dalam kontak yang sangat dekat dengan teman sebayanya atau seumurannya yang juga sering terkena virus dan bakteri yang dapat menyebabkan anak anda dengan mudah terserangnya peradangan pada amandel dan juga tenggorokan.

Gejala amandel

Penyakit peradangan pada amandel dan juga tenggorokan paling sering terjadi pada anak – anak pada masa prasekolah sampai remaja, gejala – gejala radang amandel meliputi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *