Anak susah makan?

ucwasyksre

Memiliki balita memang penuh dengan tantangan. Banyak kejutan yang diberikan dari tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Sayangnya tidak semua tingkahnya dapat membuat tertawa, ada kalanya sikapnya membuat sedikit jengkel. Salah satu sikap si kecil yang membuat emosi adalah kebiasaan si kecil yang suka sulit makan dan terlalu pemilih.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dimanfaatkan agar si kecil semangat menyantap makanan sehatnya.

Mungkin ini akan membuat sedikit repot. Seperti membuat tampilan makanan yang akan dia makan menjadi lebih menarik dari biasanya. Tapi demi si kecil, tidak ada yang tidak mungkin akan lakukan. Makanan yang bervariasi akan membuat si kecil lebih semangat dalam makan.

Makan di meja makan bersama si kecil akan membuat dia meniru makanan yang Anda konsumsi. Jadi bijaklah dalam memilih makanan. Anak kecil lebih mudah meniru apa yang Anda lakukan alih-alih melakukan permintaan.

Membiarkan anak mandiri dengan apa yang akan ia lakukan akan membuatnya lebih semangat dalam makan. Biarkan si kecil mengambil makanan favoritenya. Hargai keinginannya.

“Makan dulu, baru boleh main.”

“Habiskan makanmu, nanti baru boleh makan es krim.”

Mungkin pernah melakukan hal ini tanpa sadar. Mungkin berniat memberikan motivasi bagi si kecil. Tapi tahukah jika hal ini justru membuat si kecil tidak semangat untuk mengonsumsi makanannya.

Saat si kecil akan bersiap makan jangan lupa untuk menyiapkan suasana yang santai. Jadikan acara makan menjadi kegiatan yang menyenangkan.  Tidak perlu memaksa si kecil dengan membatasi waktu makan si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *