Kesehatan Amandel

bagaimana cara menentukan obat amandel untuk anak

Amandel atau tonsil

adalah tumpukan lapisan seperti tisu yang terletak pada sisi kerongkongan bagian belakang. Amandel juga merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh, yang di desain untuk melindungi anda dari bakteri dan juga virus yang ingin masuk ke dalam tubuh anda melalui mulut.

Celah di bagian jaringan amandel berfungsi untuk menangkap kuman. Di dalam celah – celah tersebut, banyak sekali terdapat sel makrophag dan juga sel – sel darah putih yang bertugas untuk menangkap kuman dan membunuh kuman tersebut. Amandel dapat mengatasi antigen spesifik terutama terhadap diphteri, virus koliom kuman streptococcus, hemofilus influenza, staphylo cococus.

Dalam sebuah penelitian, di dapatkan bahwa daya imunologis amandel jauh lebih kuat dan lebih baik jika di bandingkan dengan zat kekebalan tubuhyang terdapat pada bagian lain. Itu karena zat kekebalan amandel langsung berhubungan dengan dunia luar, sehingga amandel mejadi tempat pertahan tubuh pertama kali.

Sebenarnya jumlah amandel yang ada yaitu lima buah amandel di tenggorokan manusia, tetapi yang dapat terlihat dari bagian luar dengan jelas hanya ada dua saja.

Jika ada kuman yang sudah masuk ke dalam tubuh anda tidak bisa di atasi, amandel anda akan segera membesar dan koloni kuman di amandel terlihat sebagai bercak putih yang terdiri dari banyak kuman. Bahayanya, perlawanan yang akan di lakukan oleh amandel justru menginfeksi diri anda sendiri, hal ini lah yang di sebut dengan radang amandel.

 

Gejala terjadinya peradangan pada amandel atau tenggorokan yang sudah akut pada setiap orang akan berbeda – beda. Tetapi ada juga beberapa gejala yang umumnya yang akan timbul, antara lain : terasa nyeri yang amat sangat pada tenggorokan, demam dengan suhu yang tinggi, amandel mejadi lebih besar dan menjadi lebih merah.

Bila terjadi peradangan amandel pada anak kecil atau pada anak anda, jika tidak di obati dengan sebaik mungkin, akan berakibat radang jantung, bisul di dalam mulut.

Tubuh yang menggigil adalah salah satu gejala dari peradangan pada amandel yang sudah akut. Terdapat jaringan yang berwarna merah atau putih yang menempel pada amandel anda dan jikalau di lepaskan bisa berdarah. Amandel yang sudah akut biasanya di sertai dengan suara yang serak atau menghilangnya suara bila terkena pita suara. Pembesaran kelenjar getah bening pada leher juga bisa membuat nafas anda menjadi bau dan juga dapat di sertai dengan radang telinga tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *