Amandel adalah organ tubuh, jika organ amandel terserang bakteri/ virus/ kuman maka penyakitnya disebut radang amandel. Pada dasarnya amandel adalah organ filter pertahanan tubuh, berfungsi untuk memberi alarm sebelum zat asing masuk lebih jauh. Beberapa criteria untuk dilakukan operasi amandel seperti sesak nafas (saat tidur ), serangan radang sekali dalam setahun, susah untuk menelan dan msh bnayak lagi.

Perawatan Amandel yang bisa dilakuakn di Rumah:
menjaga amandel agar tetap sehat dan terhindar dari infeksi virus atau bakteri, yaitu:
1. Selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir untuk megurangi risiko terjadinya infeksi. Bersihkan tangan sebelum makan dan setelah selesai dari kamar mandi, sehingga mengurangi peluang kuman masuk ke tubuh.
2. Membiasakan minum menggunakan gelas pribadi dan tidak saling bertukar-tukar dengan orang lain, usahakan hindari berbagi barang-barang pribadi seperti gelas, sendok atau garpu dengan orang lain.
3. Usahakan untuk menghindari orang yang sedang terkena radang amandel untuk mengurangi risiko tubuh terkena infeksi atau tertular virus dan kuman dari luar.
4. Konsultasikan pada dokter bisa merasa sakit pada tenggorokan atau mengalami pembengkakan di bagian leher. Semakin cepat infeksi tersebut diobati, maka akan menjaga daerah tersebut dari kerusakan yang jauh lebih parah.
5. Selalu ganti sikat gigi setiap kali selesai mengalami pembengkakan atau radang amandel.
6. Konsumsi air yang cukup, hindari makanan atau minuman yang bisa merangsang iritasi seperti makanan atau minuman yang terlalu panas, dingin, asam atau pedas. Semoga tips menjaga amandel tetap sehat diatas dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian. Hidup sehat, amandel sehat.

Pencegahan pada Amandel:
1. Untuk minum banyak air putih atau cairan seperti sari buah, ketika sepanjang demam.
2. Hindari es, sirus, ice cream, makanan dan minuman yang didinginkan, gorengan, makanan yang diasinkan dan manisan.
3. Berkumur air garam hangat 3-4 kali 1 hari.
4. Kompres leher dengan air hangat tiap hari.
5. memberikan terapi antibiotik (panduna dokter), bila ada infeksi bakteri serta menghindar dari komplikasi.
6. Istirahat yang cukup.,

Namun apabila tonsilitis kronis dengan pembengkakan tonsil yang terlalu besar sehingga mengakibatkan terganggunya jalan pernapasan, atau munculnya komplikasi, biasanya diperlukan pembedahan/operasi untuk mengeluarkan tonsil.

Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk perawatan dan pengobatan radang amandel (tonsilitis) diantaranya mempunyai efek sebagai antiradang, antibiotik, dan menghilangkan bengkak (anti-bengkak).

Berikut ini beberapa contoh ramuan tumbuhan jamu radang tenggorokan dan radang amandel :

1. Bubuk sambiloto sebanyak 3 – 4,5 gram diseduh dengan 200 cc air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum hangat-hangat. Atau 30 gram sambiloto segar/15 gram yang kering, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya ditambahkan 200 cc jus buah nanas, diaduk, lalu diminum untuk 3 kali sehari, setiap kali minum 200 cc. (untuk tonsilitis akut)
2. 2 buah mengkudu/pace matang + 20 gram kunyit, dicuci dan dihaluskan, disaring dan diambil airnya, tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis, dan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum. Lakukan 2-3 kali sehari. (untuk tonsilitis akut).
3. 30 gram benalu jeruk nipis atau benalu teh + 30 gram temu putih + 10 gram sambiloto kering + 20 gram kunyit, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum untuk dua kali sehari, setiap kali minum 200 cc. (Untuk tonsilitis kronis dengan pembesaran tonsil yang agak besar).
4. 10 lembar daun cocor bebek dihaluskan atau dijus, airnya digunakan untuk berkumur di tenggorokan. Lakukan 2-3 kali sehari.
5. 30-60 gram akar kembang pukul empat dijus, airnya digunakan untuk berkumur di tenggorokan, lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari.

 

semoga info diatas  tentang Jamu Radang Tenggorokan dan Radang Amandel bisa membantu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *