Berbagi

anakberbagi

Mengajarkan anak untuk berbagi sangatlah penting karena rasa berbagi merupakan karakter yang harus dipertahankan dan dimiliki oleh generasi penerus bangsa. Pembentukan karakter akhir-akhir menjadi isu yang penting terutama pada dunia pendidikan anak karena saat ini terjadi krisis moral di kalangan anak muda, banyak dari mereka yang menunjukkan penurunan moral, misalnya tindakan tawuran hingga perasaan ingin menyakiti teman sendiri. Oleh karena itu penting bagi orangtua untuk memupuk sifat berbagi dan peduli terhadap sesama sejak kecil. Berikut ini adalah tips bagi orangtua dalam mendidik anak agar mau berbagi dan peduli terhadap sesama.

Mengajarkan Anak Untuk Berbagi

Kunci yang utama cara mengajarkan anak untuk berbagi adalah dengan memberi contoh dan memahami anak. Pahamilah pikiran anak, jangan memaksa anak untuk memberikan atau meminjamkan sesuatu pada temanya, berikanlah contoh cara berbagi yang benar disertai nasehat. Misalnya memberikan pengertian kepada anak bahwa pada sesama teman harus saling berbagi, hal yang tidak boleh dilakukan adalah anda merebut mainan anak dan langsung menyembunyikan atau memberikannya kepada temanya.

Mengajarkan anak untuk berbagi dapat juga dilakukan dengan mengajarkan bermain bergantian. Dengan bermain bersama secara bergantian, orangtua dapat mengajarkan konsep berbagi secara efektif. Dengan bermain secara bergantian anak juga akan belajar bahwa bermain dengan cara seperti ini lebih menyenangkan, anak akan mendapat banyak teman dan bisa memainkan bermacam-macam mainan bersama. Jika anak anda bermain bersama saudaranya, anda juga dapat melatih anak yang lebih besar untuk bisa bertanggung jawab dengan mengatur giliran mainan. Anak akan mencintai kerukunan dan persaudaraan dengan sesame saudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *