Berkendara Saat Musim Hujan

Cuaca juga menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan, terutama pada saat hujan turun yang bisa menyebabkan jalan menjadi licin dan juga tergenang oleh air, sehingga dapat membahayakan saat berkendara.
Di bawah ini adalah beberapa tips berkendara saat musim hujan atau saat sedang hujan :

 Periksa semua lampu kendaraan
Memeriksa lampu kendaraan anda sangatlah penting, apakah semua lampu kendaraan anda dapat berfungsi dengan baik dan tidak ada kendala apapun. Supaya lampu kendaraan anda bermanfaat membantu diri anda melihat di jarak pandang yang sangat terbatas karena hujan. Anda harus menyalakan lampu utama kendaraan anda meskipun siang hari dan hujan rintik – rintik karena membantu pengendara lain untuk melihat kendaraan anda.

 Periksa kondisi tekanan udara dalam ban
Memeriksa kondisi ban dan kedalam alur ban secara rutin dengan waktu minimal sekali dalam seminggu, kondisi tekanan ban yang cukup dan juga alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan anda melayang di atas air dan tergelincir pada saat sedang hujan. Janganlah sekali – kali anda mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

 Periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan
Kontrol utama komponen kendaraan anda yaitu kemudi, pedal rem, gas dan juga kopling. Apakah semua komponen ini sudah dalam kondisi yang baik untuk di gunakan dan sudah di berikan perawatan ekstra selama musim hujan, karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

 Pergunakan alas kaki yang tidak licin
Selain menggunakan alas kaki yang tidak licin, yang tahan air dan aman untuk berkendara jugalah sangat penting, persiapkan lah juga jas hujan yang berbentuk seperti baju atau pun celana, bagi pengendara motor jas hujan yang seperti itu jauh lebih aman saat di gunakan dari pada yang berbentuk ponco.

 Kerangi kecepatan anda
Dalam mengendari kendaraan pada saat hujan anda harus mengurangi kecepatan kendaraan anda karena di saat sedang hujan permukaan jalan menjadi licin akibat dari bercampurnya oli dengan air agar ban kendaraan anda tidak tergelincir. Mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkram ban lebih baik.

 Jaga jarak aman kendaraan anda
Karena pada saat sedang hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh dari pada kondisi kering.

 

 

Alternatif untuk mengatasi radang amandel adalah dengan menggunakan Lamandel. Lamandel terbuat dari alami untuk mengatasi radang amandel yang mengganggu.
Dapatkan info dan pemesanan Lamandel melalui SMS/Wahatsapp ke no. 082122253998 / 081908252178
http://herbabagoes.com/shop/page/3/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *