Penyebab masalah gigi pada buah hati

merawat-gigi-anak-agar-tetap-sehat-i

Gigi memiliki fungsi yang sangat vital bagi bagi tubuh. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan dan berhubungan dengan sistem pencernaan. Memiliki gigi bersih akan berdampak pula bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Namun,  sayangnya banyak sekali kasus sakit gigi yang sering menyerang anak-anak.

Sakit gigi merupakan serangan rasa nyeri dan berdenyut yang terjadi pada gusi dan gigi. Biasanya masalah gigi dan mulut yang sering menyerang anak adalah karies atau gigi berlubang yang disebabkan oleh plak pada gigi.

“Plak terjadi karena sisa makanan di gigi dalam yang menjadi bakteri, ada sekitar 200-500 juta bakteri yang menyerang gigi. Bakteri ini tak hilang hanya menggunakan air melainkan harus disikat,” ungkap drg. Suzanty Ariany Sp.KGA.

Streptococcus mutans adalah kuman yang menyebabkan karies. drg. Suzanty menambahkan gigi karies dimulai pada gigi depan atas, bercak putih pada gigi yang lebih parah hingga berwarna kecoklatan, inilah ciri-ciri gigi anak mulai terserang karies.

Lubang pada gigi biasanya disebabkan karena pemberian susu, teh manis atau jus menggunakan botol pada waktu anak tertidur. Sebenarnya kita dapat mencegah terjadinya sakit gigi pada anak. Caranya adalah dengan tidak memberikan minuman-minuman tersebut saat tidur.

“Jangan berikan susu, jus, teh manis dengan botol pada saat anak tidur. Bersihkan gusi dan mulut anak sejak baru lahir menggunakan bahan kasa steril atau sikat gigi steril. Biasakan anak minum air putih setiap habis minum susu, serta latih anak minum dengan gelas sejak ia bisa duduk,” ujar drg. Suzanty.

Lakukan kunjungan ke dokter gigi sedini mungkin sejak gigi tumbuh dan kontrol rutin setiap enam bulan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *