Cara Membahagiakan Anak

Setiap orang tua pasti akan melakukan apapun untuk membahagiakan anak. Orang tua mana yang tidak senang melihat anaknya tersenyum dan tertawa riang gembira. Membahagiakan anak bukan hanya sekedar ketika anda sebagai orang tua membelikan barang yang disukai anak, tetapi kebahagiaan anak itu adalah ketika orang tua mau 100 % meluangkan waktu mereka untuk benar – benar memberikan perhatian pada anak tanpa adanya gangguan dari telepon, HP, TV atau gadget apapun.

Dijaman sekarang dengan banyaknya kesibukan diluar rumah membuat para orang tua lupa untuk meluangkan waktu dan perhatian mereka untuk anak. Jadi jangan menganggap dengan membelikan mainan atau barang yang anak suka sudah cukup bisa untuk membahagiakan anak. Ketika orang tua membelikan mainan atau barang yang anak suka mungkin anak akan merasa bahagia tetapi kebahagian anak itu tidak berlangsung lama, karena setelah anak bosan dengan mainannya, anak akan mencari sumber kebahagiaan lain lagi.

Tidaklah sulit sebenarnya untuk orang tua membagiakan anak, karena yang anak butuhkan adalah orang tua selalu ada disampingnya ketika anak membutuhkannya.

Cara membahagiakan anak :

  1. Menyediakan waktu untuk anak

Menyediakan waktu untuk anak tidaklah mudah, apalagi untuk kedua orang tua yang bekerja. Merawat mereka pun tidak gampang karena ada kalanya anak akan bersifat kurang baik dan membuat kita kualahan menghadapinya. Namun jika orang tua sungguh – sungguh menyediakan waktu, bukan hanya anak yang merasa bahagia tetapi sebagai orang tua pun pasti akan turut bahagia.

  1. Kualitas dan Kuantitas

Dengan memaksimalkan waktu yang ada untuk anak, pastinya anak akan merasa dirinya diprioritaskan, Misalnya memanfaatkan waktu istirahat makan siang untuk video call dengan anak atau sekedar chat via whatsapp, makan malam bersama, membantu anak membuat PR, dan beraktivitas bersama diakhir pekan. Saat sedang bersama mereka cobalah untuk fokus dengannya tanpa ada gangguan dari telepon, laptop, ataupun gadget lainnya. Buatlah anak merasa bahwa orang tuanya selalu ada didekat mereka.

  1. Ada diwaktu pentingnya

Ingatlah untuk selalu hadir di waktu – waktu pentingnya. Dengan cara ini, anak merasa dihargai, diingat keberadaannya dan anak akan merasa dirinya istimewa dihati orang tuanya. Hadirnya saat hari ulang tahunnya, saat mengambil raport, saat anak mengikuti perlombaan, dan seterusnya.

  1. Jangan membanding – bandingkan anak

Tanpa disadari orang tua sering sekali membanding – bandingkan anaknya dengan kakaknya atau adiknya bahkan dengan anak lainnya. Hal seperti ini akan membuat anak merasa patah hati  dan anak akan merasa tidak dihargai serta menghilangkan rasa percaya dirinya. Cara seperti ini tidak benar dilakukan oleh orang tua walaupun dengan maksud orang tua ingin anaknya menjadi lebih baik.

  1. Didengar

Semua orang suka didengar tanpa terkecuali anak – anak. Ketika anak merasa didengar oleh orang tuanya, ia akan merasa punya hubungan yang lebih dalam. Selain membuat anak merasa bahagia, hubungan yang terjalin akan membuat anak lebih merasa percaya diri. Mendengarpun bukan hanya sekedar mendengarkan ketika anak berkeluh kesah, tetapi juga mendengarkan cerita aktivitas sehari – hari juga bermanfaat.

  1. Bermain diluar

Banyak orang tua takut ketika bermain diluar nantinya akan membuat baju anak kotor. Padahal ditengah aktivitas sehari – harinya yang disibukkan dengan belajar, aktivitas diluar rumah juga tidak kalah penting. Biarkan anak sesekali menikmati waktu bermainnya dengan berlarian di rumput, bermain ayunan, bermain ditaman, kegiataan seperti itu diperlukan anak untuk meningkatkan moodnya.

 

Itulah cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membahagiakan anak, jadi sebagai orang tua harus selalu berusaha memahami dan mengerti apa yang sebenarnya dibutuhkan anak. Karena apapun yang orang tua lakukan semua untuk membagiakan anak. tetapi kuncinya harus balance, ada waktunya untuk bekerja diluar rumah, ada waktu untuk pekerjaan rumah dan ada juga waktu yang diluangkan full 100 % untuk anak. Membahagiakan anak bukan hanya mencukupinya dengan materi tetapi cukupi juga kasih sayang serta perhatiaan untuknya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anak, dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi, serta berikan anak suplemen atau multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit. Lamandel merupakan multivitamin yang terbuat dari bahan – bahan alami untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu meningkatkan nafsu makan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *