Cuci Tangan Dilakukan Sejak Dini

cuci tangan 5
Liputan6.com, Jakarta
Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir memang sangat bagus untuk diri sendiri. Namun sayang, masih sedikit orang yang mau melakukannya, terutama orang dewasa. Mengubah perilaku untuk cuci tangan pakai sabun di kalangan dewasa terbilang susah. Karena itu, sejak dini anak-anak sebaiknya sudah diajari.

Kebiasaan seperti ini memang harus selalu didengungkan. Terlebih untuk anak-anak. Pada dasarnya, mengedukasi dan membiasakan cuci tangan pakai sabun sejak dini, lebih mudah ketimbang mengubah perilaku ketika dewasa. Hal yang terpenting dan harus selalu diingat adalah menerapkan kepada anak-anak untuk cuci tangan pakai sabun dalam 5 waktu yang pas.

Lima waktu yang harus selalu diingat untuk cuci tangan pakai sabun adalah sebelum dan sesudah buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB), sebelum dan sesudah makan, sesudah bermain, dan sesudah melakukan aktivitas apa pun.

Untuk langkah mencuci tangan yang baik dan benar, coba ikuti panduan seperti di bawah ini:

1. Basahi tangan dengan air mengalir dan teteskan/usapkan sabun secukupnya.

2. Gosok kedua telapak tangan sampai ke ujung jari. Gosokkan juga telapak tangan kanan ke punggung tangan kiri (atau sebaliknya), dengan jari-jari saling mengunci (berselang-seling) antara tangan kanan dan kiri. Gosok sela-sela jari tersebut. Lakukan sebaliknya.

3. Letakkan punggung jari satu dengan punggung jari lain dan saling mengunci. Usapkan ibu jari tangan kanan dengan telapak kiri dengan gerakan berputar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari tangan kiri.

4. Gosok telapak tangan dengan punggung jari tangan satunya dengan gerakan ke depan, ke belakang dan berputar. Lakukan sebaliknya.

5. Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri dan lakukan gerakan memutar. Lakukan pula untuk tangan kiri.

6. Setelah minimal 10 detik mencuci tangan, bilas tangan hingga seluruh busa sabun hilang.

7. Keringkan tangan dengan tisu bersih atau handuk sekali pakai, atau pengering udara. Jika memungkinkan, gunakan tisu atau handuk untuk mematikan kran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *