Penyakit yang timbul saat musim pancaroba

6661

Akhir – akhir ini kondisi cuaca sering sekali berubah – ubah tak menentu. Terkadang  ketika pagi hari matahari bersinar dan juga langit yang sangat cerah. Tetapi, ketika menjelang siang hari tiba – tiba awan menjadi awan mendung dating dan hujan deras turun begitu saja. Demikian halnya dengan suhu udara. Pada saat siang hari udara terasa sangat panas, dan kemudian malam hari udara berubah menjadi sangat dingin.

Keadaan yang seperti ini menuntut tubuh kita untuk bisa menyesuaikan kondisi di luar tubuh dengan sangat cepat. Hal yang seperti ini sering sekali menimbulkan ketidaknyamanan. Bukan hanya kondisi tubuh, akan tetapi juga berpengaruh kepada moody untuk beraktivitas. Dan karena sebab itu menjaga stamina tubuh anda agar tetap fit sangatlah penting dan wajib, terlebih dalam cuaca yang sangat tidak menentu seperti sekarang ini. Jika anda tidak berhati – hati dalam menjaga kesehatan, tubuh anda akan mudah sekali terserang penyakit seperti diare, infeksi saluran pernafasan, demam dan juga flu.

Diare

Di peralihan atau pergantian musim, banyak sekali orang yang terserang penyakit diare. Hal seperti ini di sebabkan karena terlalu banyaknya debu dan juga kotoran yang berpotensi menjadi vector. Penyakit diare ini juga di pengaruhi oleh pola konsumsi. Apa yang anda makan dan juga minum bisa saja tercemar oleh kuman dan virus atau bakteri yang bisa menyebabkan diare. Untuk cara pencegahan yang bisa di lakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar anda, juga menjaga makanan dan minuman agar tetap higienis.

Penyakit saluran pernafasan

Gejala awal pada penyakit ini biasanya berupa batuk, baik batuk yang kering atau yang di sertai dengan pilek, sesak napas, peningkatan suhu badan atau bisa juga pernapasan yang tidak normal. Ketika penyakit semakin menjadi – jadi, demam akan menjadi tinggi (pada radang tenggorokan) bahkan yang di sertai dengan toksemia atau keracunan (pada difteri). Cara pencegahan penyakit ini yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi multivitamin yang bisa membantu anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh terlebih pada saat musim pancaroba.

Demam dan Flu

Penyakit ini adalah penyakit yang sangat mudah menyerang siapa saja di musim yang tidak menentu seperti sekarang ini . pada saat – saat tersebut, kuman dan virus juga bakteri melakukan serangan besar – besaran. Bila demam mulai menyerang tubuh anda maka janganlan anda sepelekan. Karena bisa jadi, ini merupakan gejala awal untuk infeksi ringan maupun serius. Untuk itu menjaga asupan makan dan memilih nutrisi yang lebih tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda merupakan cara yang bisa di pilih untuk terhindar dari penyakit demam dan juga flu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *