Tips Masuk Sekolah di Tahun Ajaran Baru

Back-to-School-Logo

Saat ini di pertengahan bulan juli 2016 memasuki tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini yang cukup menyibukan untuk seorang ibu dan ayah yang anaknya belum bisa menyiapkan semua hal baru untuk di bawa kesekolah, apa lagi jika memasuki sekolah yang baru dan akan mengikuti masa orientasi.

Dalam kesempatan ini kami akan sedikit berbagi tips tentang persiapkan yang harus di lakukan seorang siswa dalam menghadapi tahun ajaran baru seperti sekarang ini. Karena setelah cukup lama menikmati liburan kenaikan kelas, tidak sedikit siswa yang perlu menyesuaikan diri kembali dalam menghadapi rutinitasnya sebagai pelajar. Ada beberapa dari mereka yang menunggu saat-saat pertama masuk sekolah, tetapi ada juga yang merasa terbebani karena sudah masuk sekolah.

Dengan memasuki tahun ajaran baru ini, ternyata banyak sekali hal-hal yang perlu di persiapkan. Hal ini di sebabkan karena para siswa harus segera menyesuaikan dirinya dengan kelas yang baru, wali kelas baru, teman-teman baru, pelajaran baru ataupun sekolah yang baru bagi mereka para lulusan, yang semuanya itu akan di jalani oleh para siswa di awal tahun ajaran baru. Dalam menghadapi keadaan seperti ini tentu saja mereka yang harus di persiapkan adalah mentalnya.

Adanya tekanan mental bagi siswa tentu saja akan sangat mempengaruhi hasil pendidikan mereka di kemudian hari. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk mengurangi tekanan mental khususnya siswa baru tersebut antara lain :

  1. Temukan Teman Lama
    Pada waktu di sekolah baru, gunakanlah hari pertamamu untuk mencari teman lama, hal ini berguna agar tidak merasa canggung ketika memasuki sekolah baru, selain itu, bukan berarti tidak boleh berkenalan dengan teman baru, tapi mungkin akan merasa lebih nyaman apabila ada orang yang sebelumnya di kenal.
  1. Berkenalanlah
    Berkenalan adalah salah satu tips masuk sekolah baru Jangan ragu untuk berkenalan dengan teman-teman baru yang seangkatan. kadangkala ada beberapa orang pasti merasa canggung ketika berkenalan, Hal ini berguna untuk menghilangkan rasa merasa sendiri di sekolah tersebut. Sehingga usahakanlah agar membaur dengan teman-teman yang lain.
  1. Kenali Tradisi sekolah
    Tips ke tiga tips masuk sekolah baru adalah, kenali tradisi sekolah, hal ini dapat mengurangi rasa canggung ketika masuk sekolah baru, misal, tradisi yang dilakukan sekolah adalah Masa Orientasi Sekolah yang di adakan untuk menerima siswa baru.
  1. Berperilaku Sopan
    Berperilaku sopan adalah poin ke empat dari tips masuk sekolah baru, posisikan diri sebagai seseorang yang polos, dan berlaku sopan dengan semua orang, dengan begitu akan membuat orang lain menjadi respect dengan kita, biasanya ketika masuk tahun ajaran baru siswa akan mencari perhatian berlebih sehingga kadang kala membuat beberapa pihak menjadi tersinggung dan dapat membuat masalah.

 

  1. Terima Keadaan Sekolah
    Ketika memasuki sekolah baru, berarti ada ungkapan “Mau tidak mau ya harus di jalani” begitulah ketika sudah menempuh tahun ajaran baru, teman baru, keadaan sekolah baru, kebiasaan baru dan lain-lain.

Mengingat makin tinggi kelas maupun jenjangnya makin berat bebannya, maka jangan sampai teledor agar tidak gagal di tengah jalan. Mudah-mudahan para siswa dan orangtua sungguh-sungguh memahami problem-problem yang harus di hadapi di awal tahun ajaran baru. Selamat belajar semoga sukses…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *