Flu singapore banyak menyerang anak-anak karena antibodi dan imunitas tubuh mereka lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa. Flu singapura pada orang dewasa memungkinkan terjadi tertapi skalanya jauh lebih kecil.

Flu singapura yang kerap menyerang anak-anak itu mesti segera ditangani agar penderita cepat sembuh dan mencegah penularan, walau resikonya relatif rendah. Flu singapore ini juga dikenal dengan hand foot mouth disease, yang disebabkan sejenis coxsackie virus.

Sejarah Flu singapore
Jenis penyakit flu singapura sudah ada sejak 1996. Penyakit tersebut dinamakan flu singapura karena awalnya berasal dari Singapura. Pada 2000, penyakit itu sempat mewabah di Singapura sehingga menyebabkan pemerintah setempat mengimbau seluruh restoran siap saji, kolam renang, dan tempat bermain anak-anak ditutup untuk sementara. Saat itu, 440 taman kanak-kanak dan 557 pusat perawatan anak diliburkan.
Pada perkembangannya, flu singapura menyerang sejumlah negara lain, termasuk Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa flu singapura disebabkan oleh virus dalam genus Enterovirus terdapat Coxsackie A virus, Coxsackie B virus, Echovirus, dan Enterovirus.

Gejala dan ciri ciri flu singapore
Gejala flu singapura pada anak yang sering terjadi adalah demam, anak juga menderita sariawan serta bintik-bintik merah di telapak kaki maupun jari tangannya. Jika dilihat secara medis, flu singapura bukanlah penyakit mematikan. Walau begitu, masyarakat harus tetap waspada terhadap penyakit yang kerap disebut hand foot and mouth disease (HFMD) atau penyakit tangan, kaki, dan mulut itu.

Pada umumnya, penyakit yang disebabkan oleh virus itu menyerang anak-anak, terutama mereka yang usianya di bawah 10 tahun dengan stamina tubuh tidak prima.

bintik merah flu singapuraApakah Flu singapore itu menular?
Karena disebabkan oleh virus, flu singapura termasuk penyakit yang menular. Oleh karena itu, demi mencegah penularan penyakit kepada orang lain, dokter menganjurkan supaya pasien tidak berinteraksi lebih dahulu dengan teman-temannya. Sebaiknya pasien tidak pergi ke sekolah dahulu, istirahat di rumah sampai sembuh.

Apabila di dalam satu kompleks perumahan didapati seorang anak yang terserang flu singapura, sebaiknya orang tua melarang anak-anak bermain dengan penderita. Begitu pula sebaliknya, orang tua pasien mesti menjaga anaknya supaya tidak bermain untuk sementara waktu sampai anak itu sembuh. Apabila penderita memunyai adik atau saudara serumah yang masih kecil, sebaiknya mereka menggunakan masker. Penting untuk menjaga stamina agar daya tahan tubuh kuat, bisa menahan serangan virus penyebab flu singapura. Salah satu cara menjaga stamina tubuh ialah mengonsumsi makanan-makanan bergizi dan sehat.

Terapi dan pengobatan flu singapore
Apabila anak terserang penyakit flu singapura, orang tua sebaiknya jangan langsung panik. Anak hendaknya segera diperiksakan ke dokter atau rumah sakit. Terapi sendiri di rumah juga tidak menjadi masalah. Memang, belum ada obat flu singapura secara khusus yang digunakan untuk mengobati flu singapura. Namun, dapat memberikan suplemen dan multivitamin seperti yang biasa diberikan kepada penderita influenza untuk menaikkan daya tahan tubuh penderita.

Pasien bisa diberi obat penurun panas untuk mengatasi ketika demam hingga 39 oC. Minum dan oles minyak kelapa atau VCO ( virgin coconut oil ) sebagai antivirus dan menghilangkan bintik-bintik merah di kulit. Walaupun tidak diberikan obat khusus, dalam tempo tujuh atau 10 hari, biasanya penyakit itu akan sembuh dengan sendirinya, dengan catatan stamina tubuh anak dalam kondisi prima.

Pencegahan tertular Flu singapura
Seperti halnya virus lainnya, penularan virus penyebab flu singapura bisa melalui jalur pencernaan dan saluran pernapasan, yaitu melalui ludah, ingus, air liur, tinja, cairan dari luka, dan cairan tubuh lainnya. Ketika penderita tengah bermain lalu dia bersin, maka virus bisa menyebar kepada orang yang ada di sekitarnya. Orang itu pun dapat tertular.

Selain penularan langsung, penyakit flu singapura dapat menular melalui kontak tidak langsung, yakni melalui barang-barang, seperti handuk, baju, peralatan makanan, dan mainan yang sudah terkontaminasi.

Sebagai alternatif mengatasi flu singapura dapat menggunakan lamandel, sehari 3x. Untuk pencegahan anggota keluarga lain bisa dikonsumsi sehari 1x. Berikan juga minyak kelapa / VCO baik secara oral dengan diminum maupun di oles ke bagian yang ada bintik merahnya. Hubungi 08123536872 untuk mendapatkan Lamandel dan VCO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *