Mengenal Lemak Baik Untuk Anak

ucwaSyksRe

Lemak, jika mendengar kata ini pikiran kita biasanya akan mengacu pada hal-hal yang buruk seperti kegemukan, sumber penyakit, kolestrol dan masih banyak lainnya walaupun sebenarnya banyak hal baik yang lainnya dari si lemak ini sendiri. Lemak juga di butuhkan oleh tubuh seperti halnya seperti tubuh membutuhkan protein dan karbohidrat untuk pertumbuhan, yang perlu anda perhatikan adalah asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak merugikan kesehatan terutama kepada anak.

Fungsi lemak untuk tubuh, antara lain :

  1. Mendukung perkembangan dan fungsi otak, artinya lemak baik untuk kecerdasan anak.
  2. Sebagai sumber energy yang bermanfaat membantu anak dalam menjalani aktivitas harian mereka sehingga tidak cepat lelah.
  3. Membantu penyerapan berbagai vitamin
  4. Memberi rasa kenyang sehingga dapat mengurangi keinginan ngemil

Beberapa jenis makanan sumber lemak yaitu :

  1. Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah,mede, dan lain-lain yang merupakan sumber nutrisi yang kaya lemak tak jenuh.
  2. Alpukat, lemak yang ada di dalam buah alpukat ini dapat menghambat dan juga menghancurkan sel-sel kanker mulut.
  3. Algae dan juga tumbuhan laut liannya dimana lemak yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi resiko penyakit jantung.
  4. Mentega, lemak pada mentega berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.
  5. Ikan laut dan juga minyak ikan, kaya akan omega 3 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak.
  6. Kuning telur dan susu.

Jaga keseimbangan antara lemak baik dan lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh agar anak terhindar dari resiko obesitas. Kenaikan berat badan secara berlebihan pada anak merupakan salah satu tanda bahwa lemak jahat lebih banyak dari pada lemah baik di dalam tubuh. Ajak anak untuk melakukan rutinitas harian yang banyak bergerakĀ untuk mengurangi lemak jahat di dalam tubuh, alihkan keinginan anak untuk ngemil dengan kegiatan lain serta jaga pola makan anak dengan mengatur menu yang dapat membuat anak merasa kenyang sehingga anak tidak banyak ngemil makanan lainnya.

Semoga bermanfaat šŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *