Manfaat Tanaman Pecut Kuda

Daun pecut kuda adalah tanaman yang biasanya tumbuh liar di mana – mana, di tepi jalan, di tanah lapang, ataupun tumbuh di tempat terlantar lainnya. Tanaman yang berasal dari amerika latin ini dapat di temukan di daerah – daerah yang cerah, sedang, terlindung dari sinar matahari dan bisa tumbuh pada ketinggian 1 – 1500 m dpl.

Ciri – ciri tanaman daun pecut kuda
– Hidup tahunan
– Tegak
– Tinggi 20-90 cm
– Daun tunggal
– Bertangkai
– Letak berhadapan
– Helai daun berbentuk bulat telur
– Pangkal menyempit
– Ujung runcing
– Tepi bergerigi
– Permukaan berlekuk – lekuk
– Panjang 4 – 8 cm
– Lebar 3 – 6 cm
– Berwarna hijau tua

Bunga majemuk tersusun dalam poros bulir yang bentuknya memanjang, seperti tanaman daun pecut kuda andong, yang memiliki panjang 1 – 20 cm. Bunga akan memekar dalam kurun waktu yang berbeda – beda. Ukurannya kecil, berwarna ungu, jarang berwarna putih, buahnya berbentuk garis, berbiji dua dengan biji yang berbentuk seperti jarum yang berwarna hitam. Sedangkan untuk jenis Stacytarpheta jamaicensis indica vahl, yang memiliki tinggi mencapai 2 meter. Di pelihara sebagai tanaman pagar dan mempunyai khasiat obat yang sama dengan jenis Stachytarpheta jamaicensis (L) vahl. Tanaman daun pecut kuda dapat di kembangkan dengan menanam bijinya saja.

Tanaman daun pecut kuda memiliki kandungan kimia yaitu glikosa dan alkaloid, dan juga bisa di manfaatkan untuk pengobatan herbal obat radang tenggorokan, radang akibat amandel, batuk, keputihan dan juga bahkan hepatitis A.

Bagian tanaman daun pecut kuda yang biasa di gunakan untuk pengobatan herbal adalah bunga dan akar. Untuk penyimpanannya setelah di cuci dan di potong – potong lalu di jemur sampai kering dan setelah itu di simpan di dalam wadah yang tertutup.
Penggunaan tanaman daun pecut kuda untuk pengoatan herbal berbagai jenis penyakit

Cara pemakaian
Untuk cara ramuan yang ingin di minum. Rebus 15 sampai 30gram herba kering ataupun 30 sampai 60gram herba segar, lalu setelah mendidih segera minumlah air rebusan tersebut.
Untuk pemakaian luar. Gilinglah herba yang segar sampai halus, lalu segera tempelkan ke bagian – bagian tubuh anda yang sedang sakit, seperti penyakit bisul, radang kulit yang bernanah dan juga luka – luka lainnya.

 

Alternatif untuk mengatasi radang amandel adalah dengan menggunakan Lamandel. Lamandel terbuat dari alami untuk mengatasi radang amandel yang mengganggu.
Dapatkan info dan pemesanan Lamandel melalui SMS/Wahatsapp ke no. 082122253998 / 081908252178
http://herbabagoes.com/shop/page/3/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *