Radang Tenggorokan tidak Cuma menggangu pernapasan. Mengatasi sakit radang tenggorokan,  sakit tenggorokan juga menyebabkan nyeri telan sehingga makanan minum terasa tidak menyaman. Sebelum memutuskan untuk minum oabt, pertimbangkan dulu untuk pengatasi dengan cara yng lebih aman.

Obat-obatan seperti antiinflamasi atau antiradang, maupun antibiotik memang ampuh meredakan sakit tenggorokan. Tetapi masing-masing punya efek samping, belum lagi resiko resistensi kumn terhadap antibiotik jika obatnya tidak diminum  sesuai aturan.

Bebrapa cara yang lebih aman untuk mengatasi sakit tenggorokan tanpa obat adalah sebagai berikut:

1. Kumur air garam

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kumur dengan air hangat dan mengandung garam bisa mengurangi pembengkakan sekaligus meluruhkan lendir di tenggorokan. Cara membuatnya mudah, cukup larutkan garam setengah sendok teh ke dalam secangkit air hangat.

2. Hisap lozenges (permen pelega tenggorokan)

Permen-permen lozenges yang mengandung menthol atau eucalyptus cukup efektif melegakan tenggorokan yang sakit, apalagi cuma sekedar gatal. Memang tidak benar-benar menyembuhkan, tetapi setidaknya untuk sementara waktu bisa mengurangi gejala yang sangat mengganggu.

3. Minum teh

Kandungan antioksidan yang ada di daun teh, baik teh hijau, teh hitam atau teh biasa, bisa memperkuat sistem pertahanan tubuh sehingga sangat membantu meredakan infeksi. Untuk mendapatkan efek maksimal, tambahkan setengah sendok madu yang juga bersifat antiseptik.

4. Makan sup ayam

Sama seperti kumur air garam, kuah sup juga mengandung garam yang bersifat melegakan. Kelebihannya adalah kuah sup bisa langsung ditelah sekaligus sebagai suplai nutrisi. Sakit tenggorokan biasanya disertai nyeri untuk menelan makanan padat, sehingga sup akan sangat membantu menjaga asupan nutrisi.

5. Kunyah marshmallows

Sebenarnya yang dipakai sebagai pelega tenggorokan adalah getah tanaman marshmallow (Althaea officinalis), bukan marshmallow buatan yang dikenal saat ini. Namun tekstur lembut pada marshmallow buatan diyakini juga bisa memberikan efek serupa dengan getah marshmallow, meski belum banyak bukti ilmiah yang mendukungnya.

6. Istirahat
Mungkin bukan solusi paling cepat, tetapi istirahat yang cukup memang sangat dibutuhkan untuk memerangi infeksi penyebab nyeri di tenggorokan. Apalagi sebagian besar penyebab infeksinya adalah virus, yang tidak mempan diobati dengan antibiotik tetapi bisa sembuh dengan sendirinya dengan istirahat yang cukup.

Makanan yang bisa meredakan sakit tenggorokan :

Cara Mengatasi Sakit Pada Tenggorokan :

  1. Lapisi tenggorokan dengan madu dan air hangat.
  2. Cukup dengan teh lalu di campurkan dengan lemon, jika tidak ada lemon bisa digantikan dengan jeruk nipis yang diperas, dan tambahkan 3 sendok madu, bisa ditambahkan banyak madu untuk penggati gula. Dan minumlah teh dalam keadaan hangat.
  3. Mengkonsumsi Vitamin D

Jika dilakukan setiap hari 3 pelungnya lebih kecil mengalami gejala pilek dan flu, dan jika kita mengkonsumsi vitamin D maka daya tahan tubuk kita akan membaik dan sedikit mengalami gejala pada sakit tenggorokan.

  1. Berkumur dengan air garam karena mengurangi tingat parahnya sakit tenggorokan bila dibandingkan berkumur denga air biasa.
  2. Berkumur dengan cuka sari apel organik karena bisa membersihkan tenggorokan dan tidak teersa cuka.
  3. Satu sendok wiski bourbon yang dicampurkan segelas air hangat karena campuran ini bisa mematikan bakteri sekaligus menenangkan tenggorokan.
  4. Mencegah kekambuhan (Mencegah lebih baik Mengobati)

Saat sakit di pagi hari bisa disebabkan karena kekeringan akibat bernafas melalui mulut pada malam hari, atau di karenakan kenaikan pada asam lambung saat sedang tidur, dan

Aturlah tempat tidur atau bantal agar kepala sedikit terangkat dan dapat mencegah teerjadinya sakit tenggorokan akibat asam pada lambung.

Jika mengalami nyeri yang berkepanjangan selama +  seminngu segeralah untuk diperiksa atau konsultasi pada dokter karena jika diabaikan akan mengalami masalah yang serius.

Itulah info tentang Mengatasi Sakit Radang Tenggorokan, semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *