sup radang tenggorokanObat Radang Tenggorokan, anda bisa mengatasi dengan obat herbal yang ada didapur anda. Contohnya :

• Pisang : Pisang yaitu berteksur lembut dan aman jika mengalami sakit tenggorokan. Buah yang sangat mudah untuk di telan, kaya akan vitamin, B6, kalium, dan vitamin C.

• Sup Ayam : Semangkuk sup ayam hangat bisa mengalahkan antibiotik, sup ayam mengandung “properti” anti-peradanputihgan ringan dan membantu dalam mengurangi kemacetan akibat virus berkontrak dengan membrane lendir. Dan buatlah sup ayam dengan kaya gizi dan dipenuhi wortel, bawang, seledri, lobak, ubi jalar, dan bawang. Semua nutrinya bermanfaat dan ampuh dalam masa penyembuhan.

• Lemon yang di campur Madu : campuran sari lemon dan madu merupakan “obat ” alternative yang sangat baik untuk meredakan sakit tenggorokan. Dicampur ketika tenggorokan mulai meradang, dan akan mulai membaik jika mengurangi peradangan.

• Telur orak arik ata putih telur : protein yang bagus menangani peradangan. Mudah dicerna dan tidak sakit untuk di telan jika sakit tenggorokan. Dan tidak memberikan bumbu karna akan memperburuk rasa sakit.

Obat radang tenggorokan dan masalah mulut :

Obat radang tenggorokan dan masalah mulut sangat tergantung pada penyebabnya. Berikut pengobatan untuk masalah radang pengobatan dan masalah mulut :

Penyebab dan Terapi/Pengobatan :
1. Kuman dan Bakteri(Strepthroat)
• Diperlukannya antibiotik, bertujuan agar membunuh kuman atau bakteri secara tuntas dan mempercepat proses penyembuhan dan mecegah terjadinya infeksi lanjutan yang tambah parah.
• Dan di perlukan obat-obat untuk meringankan gejalan yang di timbulkan.

2. Virus, Batuk, Pilek, dan Alergi(sorethroat)
• Tidak memerlukan antibiotik, dan yang diobati adalah gejalan yang timbul, contohnya obat penurun panas untuk mengatasi demam dan diberikan obat anastetik untuk mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan.
• Bisa sembuh tanpa pengobatan + 3 sampai 7hari, diperlukan istirahat yang cukup, jika alergi hindari obat alerginya.

Tips mengatasi sakit pada tengkorokan :

1. Istirahat yang cukup
2. Hindarkan rokok dan minuman alkohol
3. Hindarkan makanan yang di goreng dan berminyak
4. Perbanyak air putih hangat
5. Berkumur dengan air garam hangat
6. Sedia cooling 5 spray terutama bagi yang rentan iritasi pada tenggorokan.

Keunggulan cooling 5 :

1. Sebagai antiseptik, berfungsi membunuh, menunda, dan mencegah pertumbuhan kuman.
2. Bekerja dalam waktu cepat, manfaatnya dapat dirasakan dalam waktu 5 detik.
3. Bentuk spray bisa langsung disemprot pada bagian yang sakit.
4. Praktis dan mudah dibawa.

Bisa digunakan oleh anak-anak pada usia 7 tahun sampai orang dewasa, dengan cara semprotkan ke arah tenggorokan.
Kemasan : Botol isi 15 ml (100 kali semprot)
Dosis : Setiap kali pemakaian, cukup disemprotkan 2-3kali ke arah tenggorokan. Semprot jangan mengenai lidah. Dapat di ulang setiap 3 jam sampai gejala reda/membaik.

Cooling 5 obat bebas yang dapay dipakai tanpa resep dokter dan sudah diregistrasikan oleh Badan POM sehingga terjaga, aman dan keefektifannya sudah terjamin.

obat radang tenggorokanMacam-macam pilihan obat radang tenggorokan :

• Berbentuk permen hisap
• Obat kumur
• Throat spray
• Antibiotik

Analisa obat berbentuk permen ;

1. Degirol – Darya Varia
Adalah permen hisap rasa lemon yang mengandung senyawa aktif dequalinium, chloride, bahan anti bakteri dan anti jamur yang aktif.
Yang berfungsi untuk membunuh macam bakteri gram positif dan gram negatif.
Karena rasanya yang manis seseorang dianjuran untuk menghisap seperti permen 3-4 jam sekali dan tablet dibiarkan larut perlahan-lahan di dalam mulut tidak melebihi 8 tablet dalam sehari. Tidak memakai dalam jangka panjang dan berulang-ulang dan harus dihindari. Harga Rp 3.000,00 per 4 tablet.

2. Strepsils – Reckitt Benckiser Healthcare Manufacturing
Mengandung 2,4 diklorobenzyl alkohol(dibenal) dan amylmetakresol. Ada 3 varisai yaitu rasa regular (merah), cool (biru), dan honey&lemon (kuning). Satu butir di biarkakn melarut di dalam mulut. Hati-hati dalam pemakaian pada anak karena bisa menyebabkan tersedak. Harga Rp 5.000,00 per 6 butir.

3. SP Troches – Meiji
Sama seperti degirol yang mengandung dequalinium chloride. Yang memebedakan hanya varian rasa yaitu tersedia dalam 3 pilihan rasa yaitu strawberry, melon, dan kopi. Harga Rp 4.000,00 per 6 tablet.

4. Efisol Lozenges – Novell
Mengandung dequalinium chloride plus vitamin C untuk memperbaiki daya tahan tubuh. Cara penggunaannya sama dengan Degirol ataupun SP Troches. Harga Rp 8.000,00 per 10 tablet.

5. Lemocin – Novartis
Mengandung tyrothricin, cetridium bromide, dan lidocaine. Tyrothricin adalah campuran dari antibiotik polipeptida (gramisidin dan tirosidin). Lidocaine adalah anestesi local golongan amida, yang mengubah permeabilitas membrane sel ion natrium sehingga menghambat konduksi impuls syaraf. Dan tidak dianjurkan untuk wanita menyusui, karena belum ada data klinis obat yang berefek terhadap janin dan di hindarkan bagi wanita hamil. Dosis inflamasi ringan 2-3 jam sekali. Harga Rp 10.300,00 per 4 tablet.

6. FG Troches – Meiji
Mengandung fradiomycin dan gramicidin. Obat ini menjadi pilihan utama pasien karena dinilai lebih manjur. Meskipun senyawa aktif tetapi antibiotik bersifat hanya topikal saja. Yang bekerja lokal tidak sistemik. Harga Rp 11.500,00 per 10 tablet.

Itulah info tentang Obat Radang Tenggorokan, semoga bermanfaat dan bisa membantu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *