Amandel adalah sejenis penyakit tenggorokan atau tonsil secara medis sering disebut sebagai penyakit tenggorokan atau penyakit tonsilitas atau infeksi amandel. Penyebab Penyakit Amandel  ini sering diderita oleh anak-anak mulai usia 5-15 tahun. Penyakit tonsilitas ini dapat dibedakan yaitu tonsilitas akut (yang infeksinya berulang kurang dari 4 minggu) dan tonsilitas kronis (menahun) yang masa inkubasinya berlangsung sekitar 1 tahun atau kambuh 3-5 kali dalam satu tahun. Penyakit tonsilitas ini disebut kronis karena ia sering kali muncul secara berulang sampai 4atau 5 kali dalam setahun. Dan masa inkubasi ini berturut-turut selama 3 tahun.

Berikut ini adalah tanda-tanda Amandel:
1. sakit saat menelan.
2. Sakit pada kerongkonag yang bisa berubah menjadi parah.
3. Terjadinya pembesaran pada amandel.
4. Terjadinya pembesana pada kelenjar di leher.
5. amanadel berubah warna menjadi merah.
6. Dan biasanya disertai demam

Penyebab penyakit amandel  ini diperkirakan oleh bakteri atau virus (mikro organisme). Bakteri atau virus itu menyerang tenggorkan sehingga menyebabkan terjadinya semacam radang (infeksi) pada tenggorokan, maka tenggorokan terkena infeksi dan seringkali berwarna merah dan terasa gatal-gatal, serta terasa kurang nyaman dalam menelan suatu makanan.
Ketika kita makan es yang menyentuh rasa dingin, maka tenggorokan terasa dipicu oleh serangan penyakit tersebut, maka untuk itu hindari minuman es atau air dingin yang bisa memicu munculnya penyakit tonsil.

Berikut penyebab penyakit amandel lain yang di derita oleh radang amandel:

1. Faktor Makanan
Faktor umum yang dapat menyebabkan peradangan pada amandel, seperti ice cream, permen, makanan kecil yang mengandung bahan pengawet, serta makanan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan.
2. Kurangnya Vitamin C
Dalam 1 hari tubuh bisa membutuhkan vitamin C sebanyak 500 mg dan di seimbangin dengan vitamin dan komponen gizi serta nutrisi lainnya.
3. Kurangnya Mengkonsumsi Air Meneral
Tubuh kita membutuhkan cairan yaitu air putih pada setiap harinya minimal 8-10 gelas perhari dan setara dengan 1,5-2 liter perhari.
4. Kurangnya kita dalam menjaga kebersihan
Sebelum atau sesudah dan saat menyentuh makanan, membiasakan untuk mencuci
tangan, hal kecil tapi sangat penting untuk menjaga kebersihan.

 

itulah info tentang Pengertian Radang Amandel dan Penyebab Penyakit Amandel, semoga bisa membantu dan sehat selalu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *