Jenis Penyakit Amandel yang Wajib Dikenali Sejak Dini

Setiap orang tentu ingin agar kondisi kesehatannya selalu terjaga. Namun terkadang ada kondisi saat tubuh seseorang tetap terserang penyakit meskipun orang tersebut telah menjaga kesehatannya dengan ketat. Beberapa penyakit juga disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh sehingga penyakit tersebut sulit untuk dicegah.

Beberapa bagian tubuh manusia juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya gangguan kesehatan pada tubuh, salah satunya adalah tonsila palatina atau yang akrab disapa amandel. Amandel sendiri merupakan organ tubuh yang terletak di belakang tenggorokan. Amandel pada dasarnya berfungsi untuk menjaga ketahanan tubuh atau sistem kekebalan tubuh manusia.

Meski hanya memiliki ukuran yang sangat kecil, namun peran amandel sangat penting dalam tubuh manusia. Jika Anda sampai terserang penyakit amandel, maka hal ini bisa membuat kekebalan tubuh Anda menurun drastis. Sayangnya banyak masyarakat yang hanya mengetahui bahwa amandel merupakan sebuah penyakit, bukan organ tubuh manusia.

Setelah terserang penyakit pada amandel, barulah banyak masyarakat yang mulai memahami posisi dan pentingnya amandel bagi tubuh. Perlu diketahui bahwa amandel yang terganggu bisa menimbulkan beberapa penyakit diantaranya :

Kanker Tonsil

Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa penyakit yang satu ini sangat berbahaya. Seperti namanya, kanker tonsil merupakan penyakit yang disebabkan oleh sel kanker yang menyerang tonsil. Sel kanker ini biasanya berasal dari sel kanker mulut, leher, maupun kelenjar getah bening.

Ciri-ciri kanker tonsil adalah terjadinya pembengkakan pada area tonsil yang terserang. Masyarakat yang berpotensi terserang penyakit amandel ini diantaranya para perokok aktif, orang-orang yang mengonsumsi alkohol secara berlebihan, serta pasien HIV. Kanker tonsil akan menyebabkan beberapa kondisi seperti sulit menelan, sakit tenggorokan yang tak kunjung sembuh hingga bau mulut. Tentu perlu untuk konsul dengan dokter jika terjadi masalah terkait kanker ini. Dalam prosesnya kanker tidak akan terjadi tiba-tiba, sehingga sebisa mungkin untuk mencegah sejak dini.

Batu Amandel

Jenis penyakit lainnya yang bisa menyerang amandel adalah batu amandel atau tonsilloliths. Penyakit yang satu ini tidak memiliki gejala khusus sehingga cenderung sulit dikenali. Namun Anda tidak perlu khawatir karena batu amandel bukanlah penyakit kronis. Anda bisa mengobati penyakit ini dengan metode water pick dan mendapatkan pengobatan dari dokter gigi.

Batu amandel merupakan penyakit amandel yang disebabkan oleh menumpuknya kotoran yang tersangkut di amandel sehingga lambat laun berubah bentuk menjadi batu. Untuk menghindari penyakiti ini, sangat disarankan agar Anda menjaga kebersihan mulut serta menjaga kesehatan sinus.

Tonsilitis atau Radang Amandel

Penyakit umum lainnya yang sering dirasakan masyarakat adalah tonsilitis atau radang amandel. Radang amandel terjadi saat amandel dalam posisi bengkak akibat infeksi virus. Beberapa gejala yang bisa menunjukkan bahwa Anda terserang penyakit ini adalah nyeri tenggorokan dan telinga, nyeri saat menelan, bengkak tenggorokan, serta suara yang serak.

Penyakit ini mudah menyerang berbagai usia mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Jika gejala yang terjadi merupakan gejala ringan, maka Anda bisa segera mengobatinya menggunakan obat alami ataupun obat dari petugas ahli. Namun jika gejala penyakit amandel yang dirasakan sudah sangat mengganggu, ada baiknya jika Anda segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan. Gunakan juga herbal alami seperti Lamandel yang dapat membantu meredakan gejala akibat radang amandel.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menyerang amandel dan mengganggu kesehatan tubuh. Amandel memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh sehingga Anda harus selalu menjaganya dengan baik. Untuk memastikan amandel yang Anda miliki tidak terinfeksi virus, maka ada baiknya Anda memperbaiki pula hidup seperti menjaga asupan makanan dan menghindari aktifitas yang mengganggu seperti merokok dan mengonsumsi alkohol.

Dengan perawatan kesehatan yang tepat, Anda bisa menghindari penyakit amandel menyerang tubuh Anda. Baiknya kualitas amandel Anda bisa membuat kesehatan tubuh Anda terjaga secara keseluruhan. Klik disini untuk mendapatkan Lamandel.