Penyakit Amandel

Penyakit amandel atau radang amandel di kenal dalam dunia kedokteran adalah tonsillitis atau pun radang tonsil. Penyakit peradangan pada amandel ini biasanya menyerang anak – anak mulai dari usia 5 tahun sampai 15 tahun, tetapi yang paling terserang peradangan pada amandel itu anak usia 3 tahun sampai 7 tahun.

Apa yang dimaksud dengan amandel?
Amandel atau tonsil adalah dua massa jaringan limfatik yang berperan sebagai system kekebalan tubuh yang terletak di bagian pangkal tenggorokan. Amandel ini berperan sebagai pertahan tubuh yang menahan masuknya bakteri, masuknya kuman, dan masuknya virus yang masuk melalui mulut atau saluran pernapasan, selain itu juga amandel menghasilkan antibodi yang dapat membantu tubuh anda untuk melawan infeksi pernapasan.

Saat manusia baru lahir, amandel masih berukuran yang sangat kecil dan dengan cara bertahap amandel akan semaakin tumbuh atau membesar hingga usia 8 tahun sampai 9 tahun. Namun amandel akan kembali mengecil atau menyusut jika sudah berusia 11 sampai 12 tahun, tetapi amandel itu tidak akan hilang sepenuhnya. Ketika saat amandel ini terinfeksi maka akan terjadilah peradangan pada amandel dan tenggorokan atau yang biasa di dunia medis dengan tonsillitis.
Peradangan pada amandel dan tenggorokan ini paling sering menyerang anak – anak usia 3 tahun sampai 7 tahun, karena pada masa di usia ini lah amandel memainkan perannya yang sangat aktif untuk melawan infeksi.

Semakin anak anda tumbuh besar, maka amandel atau tonsil ini akan semakin mengecil dan karena amandel anak anda mulai mengecil maka infeksi yang akan terjadi pada amandel dan juga tenggorokan kemungkinan besar akan kurang terjadi. Peradangan pada amandel dan juga tenggorokan ini biasanya tidak terlalu berbahaya, kecuali juga terjadinya abses yaitu pembengkakan yang terjadi pada amandel yang terus berkembang. Ketika abses pembengkakan yang parah ini terjadi kepada anak anda, makan akan menghambat pernapasan anak anda. Keadaan dan juga kejadian seperti ini dapat terjadi 4 sampai 5 kali dalam setahun pada anak. Bisa juga terjadi saat waktu yang bersamaan infeksi pada bagian telinga dan juga masalah pada adenoid yaitu pembengkakan pada bagian belakang rongga hidung atas amandel.

Berikut ini adalah daftar macam – macam virus dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit radang amandel :
Bakteri streptococcus pyogenes
Bakteri hemolitikus
Adenovirus
Virus Influenza
Virus Epstein-Barr
Virus parainfluenza
Enterovirus
Virus herpes simplex

Alternatif untuk mengatasi radang amandel adalah dengan menggunakan Lamandel. Lamandel terbuat dari alami untuk mengatasi radang amandel yang mengganggu. Dapatkan info dan pemesanan Lamandel melalui SMS/Wahatsapp ke no. 082122253998 / 081908252178

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *