Radang Amandel

Tonsil Adalah Salah Satu Filter Tubuh

Pengertian tonsilitis

itis artinya adalah inflamasi peradangan. Tanda – tanda peradangan pada amandel dan juga tenggorokan adalah :

  1. Tumor = bengkak atau benjolan
  2. Kalor = hangat
  3. Dolor = nyeri
  4. Rubor = memerah
  5. Fungsio laesa = perubahan fungsi dari jaringan yang mengalami peradangan

Tonsilitis berarti peradangan pada tonsil atau amandel.

Tonsil atau yang biasa kita sebut dengan amandel adalah jaringan limfoid (kelenjar getah bening) yang terletak pada kerongkongan, di bagian sebelah kiri dan bagian sebelah kanan belakang rongga mulut. Cara untuk melihat tonsil pada tenggorokan anda sangat lah mudah, yaitu dengan cara membuka mulut anda dengan lebar – lebar, dan tonsil tersebut dapat di lihat seperti tonjolan dari rahang atas bagian belakang yang bentuknya seperti bentuk biji kacang.

Fungsi dari tonsil adalah sebagai kekebalan tubuh. Tonsil atau amandel ini merupakan bagian awal sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai sumber penyakit, bakteri, virus, dan juga kuman. Terutama yang bersumber dari iritasi makanan dari mulut dan dari udara hidung akan di cegah terlebih dahulu bakteri, virus, dan kuman yang akan masuk oleh tonsil anda.

Kesimpulan dari tonsil atau amandel ini adalah benteng pertahanan tubuh, dan pengontrol masuknya kuman, bakteri, dan virus yang akan masuk ke tubuh.

Fungsi tonsil atau lamandel ini efektif bekerja pada anak – anak usia di bawah 6 tahun, dan dengan seiring bertambahnya usia anak fungsinya akan di gantikan dengan jaringan lain. Ke dua kelenjar ini kemudian berangsur – angsur akan menyusut.

 

Fakta tentang tonsilitis

Anda harus mengenali gejala tonsilitis pada anak – anak, meski anak anda tidak menggambarkan rasa sakit yang anak anda derita, anda dapat mencurigai anak anda terkena tonsilitis jika anak anda :

  1. Rewel
  2. Menolak untuk makan
  3. Merasa sakit saat menelan makanan dan minuman
  4. Terus menerus mengeluarkan air liur

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *