Peradangan pada Amandel

Penyebab Penyakit Radang Tenggorokan

Amandel atau tonsil merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh atau sistem imun yang di desain secara khusus sebagai pelindung tubuh dari bakteri, virus, kuman yang mencoba berusaha untuk masuk ke dalam tubuh anda melalui mulut.

Ada berbagai macam gejala – gejala yang di timbul kan oleh penyakit radang amandel, salah satunya yaitu sakit pada bagian tenggorokan yang semakin parah jika si penderita ini menelan. Rasa nyeri terkadang suka di rasakan juga di bagian telinga karena tenggorokan dan telinga memiliki persarafan yang sama. Anak – anak kecil yang sedang terserang radang amandel biasanya mereka tidak mengeluh kesakitan saat sedang menelan makanan atau pun minuman, tetapi mereka akan menolak untuk makan.

Diagnosis di tegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksa fisik. Tonsil akan membengkak dan akan timbul bercak – bercak merah. Dapat di temukan juga nanah dan selaput putih tipis yang menempel pada tonsil. Membran ini bisa di angkat dengan mudah tanpa menyebabkan perdarahan.

Selain terasa nyeri di tenggorokan, gejala lainnya adalah demam, tidak enak badan, sakit kepala dan muntah. Pembesaran tonsil seringkali menimbulkan ke khawatiran bagi orang tua. Karena selain sering kambuh yang di tandai dengan demam, juga terkadang orang tua mendapat saran dari orang terdekat, tetangga, sahabat atau keluarga bahwa amandel anaknya harus segera di operasi. Jika penyebab dari pembengkakan amandel adalah bakteri, di berikan saja antibiotic per-oral melalui mulut selama 10 hari. Dan jika anak anda mengalami kesulitan menelan, anda bisa memberikan antibiotic dalam bentuk suntikan.

 

Pengangkatan tonsil dapat di lakukan jika :

Walau pun dengan cara operasi tonsil relatif ringan meskipun harus di bius umum danlebih singkat kurang lebih sekitar 30 – 60 menit dalam keadaan normal, tetap saja menjadi beban pikiran dan juga beban biaya bagi orang tua. Apalagi bagi yang membiayai sendiri perawatan kesehatan alias non asuransi.

Kabar baiknya, tidak semua penderita amandel harus di operasi. Hanya sebagian kecil saja yang di haruskan untuk di operasi dan itu juga harus memenuhi kriteria untuk operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *