Radang amandel atau tonsillitis adalah terjadinya peradangan atau pembesaran pada kelenjar amandel yang terletak di bagian belakang lipatan mulut. Penyakit yang satu ini sering kita sebut dengan radang amandel. Radang amandel timbul karena disebabkan oleh bakteri atau kuman dari jaringan tonsil dengan pengumpulan lekosit, sel-sel epitel mati dan bakteri. Radang amandel yang muncul memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena radang amandel menyulitkan untuk menelan makanan yang ingin masuk ke dalam tubuh, membuat seseorang yang menderita radang amandel jadi malas untuk melakukan apapun. Pada umumnya penyakit radang amandel memang lebih sering menyerang anak-anak, itu dikarenakan anak-anak lebih rentan terserang penyakit dan kekebalan tubuh pada anak-anak belum sempurna.

Orang dewasa bisa juga terserang penyakit radang amandel, walaupun orang dewasa sudah mempunyai kekebalan tubuh yang sempurna dengan bertambahnya usia mereka tetapi kekebalan tubuh setiap orang sangatlah berbeda-beda dan bisa disebabkan juga dengan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat sehingga radang amandel menyerang. Kalau gaya hidup seseorang tidak sehat maka bersiaplah dapat terserang penyakit radang amandel dan juga penyakit lainnya. Kebersihan rumah dan peralatan-peralatan yang ada di dalamnya juga berpengaruh terhadap timbulnya penyakit radang amandel. Alangkah baiknya jika kita menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin, nutrisi dan kandungan-kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga menjaga kebersihan rumah dan keluarga.

Penyakit radang amandel terbagi menjadi dua yaitu:
* Radang amandel akut.

amandel-2

Radang amandel akut adalah merupakan peradangan atau pembesaran pada kelenjar amandel yang masih ringan yang berlangsung sekitar 4-6 hari.

*Radang amandel kronis.

images

Radang amandel kronis adalah merupakan peradangan atau pembesaran pada kelenjar amandel yang sudah parah yang berlangsung lama dan berulang-ulang secara terus menerus. Di permukaan amandel terdapat bercak putih, di sepasang radang amandel akan terus membesar dan hampir bisa bersentuhan satu sama lain sehingga dapat menghambat saluran pernafasan dan sukar menelan makanan dan juga air minum.

Berikut ini adalah pertolongan pertama saat radang amandel, meliputi:
* Diusahakan untuk banyak minum air putih dan sari buah terutama selama demam.
* Hindari minum es, sirup, ice cream. Hindari makanan dan minuman yang dingin, gorengan, makanan yang menggunakan bahan pengawet, asin dan pemanis buatan.
* Berkumur dengan air garam hangat 3-4 kali sehari.
* Menaruh kompres hangat pada leher setiap hari.
* Istirahat yang cukup.
* Berikan antibiotik atas petunjuk dokter.

Radang amandel dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi obat herbal alami yang 100% terbuat dari rempah-rempah tanaman yang berkhasiat menyembuhkan radang amandel dan tidak memiliki efek samping. Obat herbal alami yang aman untuk dikonsumsi adalah Lamandel. Lamandel dapat dikonsumsi anak-anak mulai dari usia 2 tahun sampai orang dewasa, tetapi lamandel tidak disarankan untuk ibu hamil. Lamandel terbuat dari rimpang temulawak, daun pegagan dan juga daun pecut kuda. Bentuk dari isi lamandel sendiri adalah serbuk yang mudah larut dalam air dan tanpa ampas, rasa lamandel pun manis sehingga anak-anak menyukainnya. Biasanaya anak-anak tidak mau minum obat karena yang mereka tahu kalau rasa obat itu pahit, tetapi untuk rasa lamandel anak-anak pasti menyukainnya.

Pada saat mengkonsumsi lamandel lebih baik menghindari makanan dan minuman yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna sintetis, hindari juga permen, coklat dan es, istirahatlah yang cukup. Lamandel mempunyai 2 kemasan yaitu kemasan botol dan kemasan box. Kemasan lamandel botol lebih ekonomis karena isi lamandel botol adalah 200gr dapat diminum 20 kali minum dan untuk kemasan lamandel box lebih praktis karena isi lamandel box adalah 120gr isi 12 sachet dapat diminum 12 kali minum. Sebenarnya untuk isi dan khasiat dari lamandel botol dan box sama saja tidak ada yang berbeda hanya saja berbeda di kemasannya saja.

Berikut ini adalah khasiat lamandel, antara lain:
* Membantu meredakan peradangan kelenjar amandel / tenggorokan.
* Membantu meredakan batuk dan radang tenggorokan.
* Meningkatkan nafsu makan.
* Meningkatkan daya tahan tubuh.
* Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *