Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Anak

ini dia gejala umum amandel anak

Anak- anak sangat sering di hadapkan dengan sakit tenggorokan. Sakit pada tenggorokan biasanya di sertai dengan bersin, pilek dan juga batuk. Sakit pada tenggorokan juga melibatkan peradangan tenggorokan, pembengkakkan, ketidaksamaan dan juga rasa sakit. Penyebab sakit tenggorokan adalah infeksi virus dan bahkan tanpa pengobatan penyakit hilang dalam hitungan hari. Sakit tenggorokan biasanya berhubungan dengan radang amandel.

Gejala umum dari sakit tenggorokan pada anak-anak  yaitu, iritasi pada tenggorokan, inflamasi dan pembengkakan tonsil terkadang amandel sampai bernanah, pembengkakan dan nyeri pada kelenjar getah bening, kelelahan, sakit kepala, sakit perut,kurang nafsu makan, mual, muntah, dan juga demam. Dalam beberapa kasus, ruam dapat terjadi di daerah tertentu dari tubuh.

Virus yang menyebabkan sakit tenggorokan itu mudah menular ke orang lain. Terutama pada musim flu, sangat mudah terserang virus yang menyebabkan sakit pada tenggorokan. Kebersihan pribadi yang baik dapat mengurangi kemungkinan tertular virus yang menyebabkan sakit tenggorokan, namun tidak dapat sepenuhnya mencegah perkembangan infeksi. Virus dapat ditularkan melalui udara, sekresi atau kontak langsung.

Hal ini penting untuk dapat membedakan antara sakit tenggorokan dan radang tenggorokan. Sementara sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya hanya dalam beberapa hari, radang tenggorokan lebih bandel dan memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Orangtua sering panik ketika anak-anak mereka sakit. Saat anak terserang sakit tenggorokan orang tua tidak perlu panik. Tidak ada obat yang diperlukan dalam mengatasi sakit tenggorokan, gejalanya akan menghilang setelah beberapa hari. Jika Anda menduga bahwa anak Anda mungkin menderita radang tenggorokan, sebaiknya kenali terlebih dahulu gejalanya seperti, demam, rasa sakit dan meningkatkan sensitivitas di daerah sekitar leher dan telinga. Namun, jika gejala-gejala penyakit yang ringan dan intensitas dari gejala ini tidak meningkat  orang tua tidak perlu khawatir yang berlebihan.

Namun demikian walaupun sakit tenggorokan bukan merupakanpenyakit serius, sebaiknya periksakan segera ke dokter. Dengan demikian dokter akan melakukan tes guna mengetahui penyebab infeksi. Apabila tidak ditemukan adanya bakteri yang berbahaya dokter akan meresepkan analgesik dan obat anti inflamasi. Dan apabila ditemukan penyebab infeksi yang lebih serius, akan dilakukan pengobatan yang lebih intensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *