Secara Ilmiah, Ini Alasan Kegiatan Makan Bersama Anak Itu Sehat

makanan-buka-puasa

Kamu mungkin tak menyadarinya, beberapa keluarga punya kebiasaan makan bersama yang cukup sering dan mungkin tak pernah terlewatkan. Beberapa keluarga justru jarang makan bersama atau makan terpisah. Tahukah kamu bahwa acara makan bersama orangtua atau anak sebenarnya punya makna penting yang berhubungan dengan kesehatan lho.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa anak-anak yang sering makan bersama dengan orangtuanya ternyata cenderung punya tubuh lebih sehat dibanding anak-anak yang makan sendirian. Para peneliti meneliti hampir 200 keluarga yang dibedakan menjadi dua kelompok.

Kelompok anak yang makan dengan orangtua dan anak yang makan sendirian. Setelah beberapa bulan, anak-anak yang makan sendirian sering mengalami masalah kesehatan seperti kelebihan makan atau justru kurang makan. Ini karena tak ada orang dewasa yang mengawasi waktu makan mereka, kurangnya pengawasan orangtua.

Bukan hanya itu, para peneliti juga menyatakan bahwa bukan hanya masalah kesehatan saja yang menjadi perhatian, tapi juga kurangnya hubungan keterikatan antara orangtua dan anak ketika mereka makan sendiri-sendiri. 

Ikatan batin dan emosional akan terbangun karena anak dan orangtua makan bersama dan dari sinilah kepribadian anak juga akan dibangun. Dengan makan bersama, orangtua juga jadi lebih mengenal anaknya, karena melakukan interaksi dan komunikasi langsung dengan anak.

Jadi, kamu sekarang tahu kan betapa pentingnya makan bersama keluarga? Kamu harus bersyukur selama masih bisa makan dengan orangtua. Kelak ketika sudah punya buah hati, biasakan untuk makan bersama dengannya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *