Sedia Peralatan Sebelum Banjir

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu berharapnya bisa memiliki rumah di daerah yang bebas banjir. Masalahnya jika Anda tinggal di area yang padat penduduk, kondisi banjir—biasanya jika rumah tak banjir, tetap saja jalan di sekitar rumah ikut tergenang—kadang tak bisa ditolak.

Selokan yang mampat, banyaknya rumah yang tak memiliki saluran air memadai seperti talang air, serta kebiasaan masyarakat yang masih hobi membuang sampah sembarangan membuat air hujan tak mengalir lancar dan akhirnya menyebabkan banjir. Dikutip dari Rumah.com, jika memang rumah Anda menjadi langganan banjir, pastikan Anda memiliki beberapa peralatan ini.

Peralatan kebersihan
Sudah pasti Anda harus mempunyai peralatan kebersihan yang memadai. Mulai dari serok karet, kain pel yang berdaya serap tinggi, dan sapu lidi. Jangan lupa untuk menyediakan pembersih lantai dan perabotan rumah tangga yang mengandung antibakteri agar rumah tak dipenuhi kuman. Miliki dua buah selang panjang untuk membantu Anda membersihkan sudut rumah yang mungkin tak tergapai dengan sapu atau pel.

Karung berisi pasir
Penghalang air seperti karung yang berisi pasir atau batu bata sebaiknya disimpan beberapa di rumah Anda. Memang kedua benda tersebut tak bisa menghalangi masuknya air secara tuntas, tapi keduanya bisa meminimalkan jumlah air yang masuk ke dalam air. Selain itu, air yang masuk ke dalam rumah tidak akan bertubi-tubi, sehingga Anda masih punya waktu untuk menyingkirkan barang kesayangan agar tak terendam air.

Kipas angin
Meski rumah sudah menggunakan AC, Anda tetap harus memiliki kipas angin. Kipas angin berguna untuk membantu mengeringkan barang-barang yang lembap akibat terendam air.

Setrika uap atau hair dryer
Keringkan beberapa barang yang terendam air, terutama yang terbuat dari kain, seperti seprai, bed cover, keset, dan karpet dengan steamer atau hair dryer. Pasalnya, suhu hair dryer yang mencapai 60°C akan membantu mematikan kuman atau jamur yang mungkin masih menempel di peralatan rumah Anda walau sudah dibersihkan.

Pompa air
Jika rumah Anda berada di area yang rendah, air yang masuk ke dalam rumah kadang susah untuk mengalir keluar. Akibatnya Anda sendiri yang harus mengeluarkannya. Menggunakan ember atau gayung jelas tak nyaman dan membuat Anda kelelahan serta sakit punggung. Jadi lebih baik jika Anda menyediakan pompa penyedot air.

Slime
Slime adalah mainan anak-anak yang bentuknya mirip playdough tapi teksturnya lebih kenyal dan susah dibentuk. Slime akan membantu Anda membersihkan area lipatan, misalnya perabotan yang bertekstur, atau sudut pintu yang susah dibersihkan. Anda cukup menempelkan slime ke bagian lipatan perabotan, diamkan sejenak, lalu tarik kembali. Sisa air dan debu akan langsung menempel pada slime.

Rina Susanto

 

 

Alternatif untuk mengatasi radang amandel adalah dengan menggunakan Lamandel. Lamandel terbuat dari alami untuk mengatasi radang amandel yang mengganggu.
Dapatkan info dan pemesanan Lamandel melalui SMS/Wahatsapp ke no. 082122253998 / 081908252178
http://herbabagoes.com/shop/page/3/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *