Terbiasa temani anak tidur bisa membuatnya jadi penakut

temani

Anak memang tak bisa ditinggal jika ia sedang tidur, karena anak bisa saja terbangun jika ditinggal tidur sendirian.

Tapi alangkah baiknya jika kamu juga mulai membiasakan anak untuk tidur sendiri atau paling tidak jauh darimu. Karena ternyata sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur satu tempat tidur dengan anak bisa berpotensi membuat anak cemas, gampang takut dan bahkan depresi.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders ini melihat efek tidur bersama ibu pada 3.583 anak-anak di Brazil. Peneliti membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok usia mulai dari 3 bulan hingga 6 tahun dan menganalisis apakah anak memiliki kecenderungan mengembangkan gangguan seperti kecemasan atau depresi.

Hasilnya, anak-anak yang lebih sering tidur satu tempat tidur dengan ibunya memiliki kecenderungan tinggi mengalami gangguan kesehatan mental dibanding mereka yang jarang atau tidak tidur dengan ibu atau orangtuanya.

Tentu saja penelitian ini masih butuh banyak pengembangan. Tapi jika dilihat dari kebanyakan anak, beberapa anak penakut dan mudah khawatir biasanya masih tidur dengan ibunya. Anak akan mengembangkan rasa berani jika  melakukan pembiasaan perlahan agar bisa tidur sendirian.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *