Kebiasaan Langsung Tidur Setelah Sahur

21935-4-kebiasaan-sehari-hari-yang-merusak-kecantikan-alami-093215

Hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke 5 puasa Ramadan. Buat kamu yang sedang berpuasa, masih semangat dan pantang lelah kan? Agar puasa Ramadan yang dijalankan semakin berkah, mengesankan dan pastinya kuat hingga adzan maghrib berkumandang, sangat penting dilakukan makan sahur saat malam.

Bicara mengenai makan sahur, buat kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa, apakah kamu punya kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur? Jika iya, mulai sekarang usahakan agar meninggalkan kebiasaan ini. Dikutip dari laman merdeka.com, langsung tidur setelah makan sahur sangat berbahaya buat kesehatan. Bahaya tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Tidur membuat proses pencernaan tidak bisa berjalan dengan baik apalagi jika tidur ini dilakukan sesaat setelah makan khususnya pada waktu sahur. Tak hanya membuat sistem pencernaan tak lagi berjalan baik, ini juga akan membuat asam lambung di perut meningkat. Meningkatnya asam lambung sendiri bisa meningkatnya berbagai risiko penyakit di saluran pencernaan.

Tertidur setelah makan sahur sangat mungkin meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas. Makanan yang dimakan saat sahur bisa menimbun jadi lemak jahat di tubuh jika tidak dibarengi dengan gerak tubuh cukup dan terjaga. Jeremy Barnes, profesor dari Southeast Missouri State University menjelaskan bahwa tidur setelah makan akan meningkatkan hormon grehlin dan meningkatkan risiko obesitas.

Stroke merupakan salah satu penyakit paling berbahaya dan mematikan di dunia. Para ahli percaya jika risiko stroke bisa meningkatkan tiga kali atau lebih pada diri seseorang jika ia memiliki kebiasaan tidur setelah makan. Buat yang suka langsung tidur setelah sahur, ini juga sangat memungkinkan menderita risiko stroke yang lebih besar dan mematikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *