Si kecil sedang sembelit? Yuk cagah dengan cara mudah ini..

Si kecil sedang sembelit? Yuk cagah dengan cara mudah ini..

Cegah Sembelit Pada Anak Dengan Cara Mudah

diare3

Konstipasi ternyata tak cuma menyerang orang dewasa. Bayi juga bisa mengalami konstipasi. Sembelit atau konstipasi ini adalah kondisi di mana buang air besar tidak teratur. Jika tidak diobati, sembelit bisa menyebabkan masalah kesehatan lain. Anak-anak juga sering mengalami konstipasi. Lebih buruk lagi mereka akan merasa kesakitan karena kotoran yang mengeras susah dikeluarkan. Sembelit pada anak sangat erat kaitannya dengan apa yang ia makan dan minum.

Ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah konstipasi ini terjadi pada buah hati.

  • Hal pertama yang harus diperhatikan adalah asupan air untuk si kecil. Pastikan si kecil minum air setidaknya 1 liter dalam sehari. Selain mencegah konstipasi ini akan membuat si kecil selalu terhidrasi dan tetap sehat.
  • Berikan satu sampai dua buah pisang untuk anak dalam sehari. Jika gigi mereka belum tumbuh sempurna, bisa menghaluskannya menjadi bubur. Pisang kaya akan kandungan serat dan dapat mengurangi sembelit.
  • Selanjutnya bisa merebus apel dan menghaluskannya. Apel kaya akan antioksidan dan serat yang membantu meringankan sembelit.
  • Lidah buaya ternyata juga bermanfaat untuk meredakan konstipasi. Campurkan saja sesendok jus gel lidah buaya dalam segelas air hangat dan suapkan pada si kecil. Ini akan membantu mengurangi masalah sembelit. Seperti kedua buah di atas, lidah buaya kaya akan serat yang akan mengatasi konstipasi.
  • Berikan jus jeruk untuk si kecil. Jus jeruk kaya akan vitamin C dan kandungan air. Selain mengatasi sembelit, ini juga akan meningkatkan kekebalan tubuh si kecil agar tak mudah sakit.

Jika sembelit masih saja berlangsung selama beberapa hari, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Hindari pula memberikan obat sembelit pada anak atau bayi sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *