Solusi cerdas untuk atasi anak yang suka berteriak & menangis

anak 2

Mengajak si kecil jalan-jalan memang menyenangkan. Mengenalkan tempat baru dan mengajarkan anak untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Sayangnya tidak semua anak dapat selalu bersikap manis saat berada di tempat umum. Rasa asing dan tidak nyaman akan memicunya untuk bersikap di luar kendali. Berteriak dan menangis sepanjang waktu adalah cara mereka untuk mengungkapkan rasa tidak nyaman.

Nah, bagaimana agar si kecil tetap nyaman saat berada di tempat baru dan asing. Yuk, simak tips berikut ini.

Saat anak mulai menangis dan berteriak, berikan ruang untuknya. Jangan panik atau membentaknya, hal ini akan membuatnya semakin berteriak dan merasa tidak nyaman. Biarkan dia menangis. Ajak anak menjauh dari keramaian dan biarkan dia menenangkan diri.

Jika si kecil menangis dan berteriak karena menginginkan seseuatu. Anda dapat memberikan pilihan kepadanya. Jika memang hal yang diinginkan dirasa tidak perlu dapat berkata tegas dan mengatakan tidak pada keinginan anak.

Tentu sudah paham penyebab si kecil menangis saat berada di tempat asing. Nah, untuk menghindari si kecil menangis dapat menjauhi penyebab mengapa si kecil menangis. Jika memang si kecil tidak suka dengan keramaian maka hindari mengajaknya ke tempat yang ramai.

Tidak peduli sehisteris apa si kecil saat menangis, tidak perlu merasa kesal. Bahkan sampai membentaknya. Tetaplah bersikap tenang. Anak-anak sulit memahami apa yang katakan, maka dengan bersikap kesal justru akan membuatnya semakin emosi dan akan semakin menangis dan berteriak.

Si kecil yang mengamuk tanpa sebab memang membuat tidak nyaman. Tapi cobalah untuk berkompromi dengan keadaan. Berkompromi akan membuat dia merasa lebih tenang dan lebih terkendali. Bersikeras dengan keinginan justru akan memperburuk keadaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *