Susu Kedelai

 

Susu adalah minuman kental yang berwarna putih dan berprotein tinggi. Susu memiliki dua jenis yang biasanya di konsumsi oleh manusia, yaitu susu protein hewani dan susu protein nabati. Susu protein hewani biasanya berasal dari susu sapid an juga susu kambing. Sedangkan untuk susu nabati yang asalnya dari sari kacang, seperti susu almond dan susu kedelai. Walaupun berbeda, tetapi kedua jenis susu ini memiliki nutrisi dan manfaat yang tidak berbeda jauh.

Jenis susu protein nabati yang banyak di konsumsi adalah susu kedelai. Karena susu kedelai ini mudah untuk di dapatkan dan harganya juga lebih murah jika di bandingkan dengan susu almond. Walaupun harganya yang murah, bukan berarti di dalamnya tidak ada kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh . Di dalam susu kedelai terdapat kandungan nutrisi berupa protein, vitamin A, vitamin B1, vtamin B2, vitamin B12, vitamin E, asam folat, asam amino, mineral, phytoestrogen, antioksidan, lemak nabati, riboflavin dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan adanya semua kandungan nutrisi tersebut, membuat susu kedelai mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Agar tidak penasaran, ketahuilah jumlah manfaat susu kedelai berikut ini.

Manfaat-Susu-Kedelai-bagi-Kesehatan-Alodokter

Manfaat Susu Kedelai

 

Baik untuk Kesehatan Jantung

Susu kedelai hanya memiliki kandungan minyak jenih dalam jumlah yang sedikit, sehingga tidak akan meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam darah dan baik di konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung serta tidak akan menyebabkan obesitas.

Mencegah Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes terjadi karena tubuh kekurangan hormon insulin sehingga terjadi kelainan metabolisme lemak,air, elektrolit, karbohidrat dan juga protein. Kandungan asam amino yaitu ariginin dan glisin yang terdapat dalam susu kedelai mampu untuk menjaga keseimbangan hormon insulin di dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Kanker

Di dalam susu kedelai terdapat kandungan phytoestrogen yang sangat banyak bahkan melimpah. Phytoestrogen merupakan hormone tanaman yang mempunyai kemampuan untuk menghambat produksi hormon testosterone pada tubuh pria. Kadar hormon testosterone yang berkurang dapat mencegah pertumbuhan kanker prostat.

Baik untuk Organ Hati

Di dalam susu kedelai terdapat kandungan nutrisi yang cukup aman dan juga baik untuk organ hati anda. Karena hati tidak perlu bersusah payah atau bekerja keras untuk menetralkan susu kedelai. Hal seperti ini di sebabkan karena di dalam susu kedelai tidak ada kandungan zat yang merugikan organ hati anda.

Menjaga Kesehatan Tulang

Susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium dan juga vitamin D yang sangat di perlukan untuk nutrisi tulang, menjaga kepadatan tulang, menjaga struktur tulang dan juga menguatkan tulang. Dengan begitu, susu kedelai dapat menjaga kesehatan tulang dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai memiliki kadar gula dalam jumlah sedikit, sekitar 7 gram saja karena di dalamnya terdapat kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat menghambat proses penyerapan lemak di dalam usus anda sehingga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Denga mengkonsumsi susu kedelai dapat di jadikan sebegai alternatif bagi orang yang alergi susu protein hewani. Dan susu kedelai juga dapat anda jadikan sebagai minuman sehat untuk para vegetarian dan dapat di jadikan sebagai minuman diet sehat.

Semua manfaat dari susu kedelai tersebut bisa di dapatkan jika tetap anda konsumsi dalam porsi yang bijaksana dan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *