Nyamuk yang Paling Berbahaya di Dunia

mosquito

 

Selain untuk kelangsungan hidupnya,bagi nyamuk betina juga untuk dapat memproduksi telur. Oleh sebab itunyamuk betina mencari makan dengan cara menggigit, sedangkan nyamuk yang pejantan bisa mendapatkan zat – zat makanan dari alam, semisal dari sari – sari bunga. Menurut peneliti yang pernah mendapatkan beberapa penghargaan dari dalam dan juga dari luar negeri ini, 2 sampai 3 hari setelah menggigit, nyamuk pasti akan bertelur. Lalu setelah beberapa hari kemudia telur – telur itu akan menetes di air menjadi jentik – jentik halus. Dari jentik – jentik lalu akan segera berkembang menjadi kepompong, sampai akhirnya menjadi nyamuk melalui proses metamorphosis.

 

Nyamuk ANOPHELES

Sering sekali orang mengenalnya sebagai salah satu jenis nyamuk yang paling berbahaya di dunia karena bisa menyebabkan penyakit malaria. Nyamuk malaria banyak terdapat di rawa – rawa, saluran – saluran air, dan juga permukaan air yang terekspos oleh sinar matahari. Nyamuk akan bertelur di permukaan air, nyamuk ini juga akan hinggap dengan posisi yang menukik atau dengan membentuk sudut. Sering hinggap di dinding rumah dan kandang. Warnanya bermacam – macam, ada yang warna hitam, ada pula yang kakinya bercak – bercak putih. Waktu menggigit biasanya di lakukan saat malam hari.

Banyak jenis nyamuk Anopheles yang bisa menyebabkan penyakit malaria. Ada Anopheles sundaicus yang banyak terdapat di air payau, contohnya seperti di kepulauan seribu. Nyamuk ini berkembang biak di lingkungan yang banyak di tumbuhi ganggang. Ia akan meletakan telurnya di ganggang hijau yang banyak reniknya, dan begitu menetes jentiknya langsung mendapat makanan renik yang hidup di antara ganggang tersebut.

 

Nyamuk AEDES AEGYPTI

Jenis nyamuk ini adalah jenis nyamuk yang paling berbahaya di dunia karena bisa menyebabkan penyakit demam berdarah. Pada tubuhnya tampak bercak hitam putih . bila anda lihat dengan kaca pembesar,di sisi kanan kiri punggungnya tampak gambar dua buah arit berwarna putih. Mereka paling sering hinggap di baju yang menggantung dan yang berada di tempat gelap, sperti di bawah tempat tidur. Selain juga suka bertelur di air yang bersih, ia bertelur dan menetes di dinding bejana air.

Nyamuk ini menggigit di pagi dan sore hari. Bila nyamuk ini sudah menggigit orang atau binatang, pada hari ketiga nyamuk tersebut akan bertelur, dan dua hari kemudian menetes. Setelah 8 hari, jentik tersebut sudah menjadi nyamuk. Selama itu 2 hari sekali nyamuk bertelur sehingga si betina akan mencari darah lagi.

 

Nyamuk AEDES ALBOPICTUS

Ini adalah jenis nyamuk yang paling berbahaya di dunia, ini juga menularkan demam berdarah. Nyamuk ini biasanya banyak terdappat di kebun atau di halaman rumah. Ciriya hamper sama dengan Aedes aegypti, yaitu bercak putih di badan. Bila di lihat dengan kaca pembesar tampak di median punggungnya ada garis putih. Pada saat menggigitnya pun sama, yaitu di pagi dan sore hari. Bertelurnya di air yang tergenang . pada saat musim penghujan, nyamuk ini banyak terdapat di kebun atau halaman rumah karena di situ terdapat tempat yang terisi air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *